infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Presiden Mendukung Pembangunan 2.000 Rumah Sederhana

Posted by infokito™ pada 16 Desember 2008

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mendukung pembangunan 2.000 rumah sederhana yang dilakukan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan di Jakabaring, Palembang. Program itu sangat dibutuhkan oleh masyarakat berpenghasilan rendah.

Demikian dikatakan Presiden dalam acara peresmian lima proyek infrastruktur di Sumsel yang diselenggarakan di halaman Markas Polda Sumsel, Minggu (14/12).

Proyek yang diresmikan adalah jalan layang Simpang Polda, sistem penyediaan air minum di Martapura, rumah susun sewa di Indralaya, pabrik biodiesel di Ogan Komering Ulu Timur, dan jembatan Air Teluk II di Musi Banyuasin.

Dalam acara itu juga dilakukan penandatanganan kerja sama antara Pemprov Sumsel, Bank Sumsel, dan DPD Real Estat Indonesia (REI) Sumsel mengenai pembangunan rumah sederhana.

Presiden secara langsung menyampaikan terima kasih atas upaya Pemprov Sumsel membangun perumahan bagi masyarakat ekonomi lemah dengan cara mengangsur.

”Terima kasih kepada gubernur, wali kota, dan semuanya, termasuk Bank Sumsel dan para pengembang. Bagi pengembang, jangan mengambil untung terlalu besar dari rumah sederhana. Anggaplah ini sebagai ibadah,” kata Presiden.

Menurut Presiden, kalau membangun rumah mewah atau mal, pengembang boleh mengambil keuntungan besar. Cara seperti itu disebut subsidi silang, keuntungan yang pantas dari rumah mewah dan gedung digunakan untuk menolong masyarakat berpenghasilan rendah agar mempunyai rumah.

Sistem cicilan

Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengatakan, pembangunan rumah sederhana di Jakabaring berjumlah 2.000 unit, yang terdiri dari tipe 21 dan tipe 36 masing-masing 1.000 unit. Luas lahan yang disediakan mencapai 30 hektar. Rumah sederhana tersebut dapat dimiliki dengan mengangsur Rp 10.000 per hari untuk rumah tipe 36 dan Rp 5.000 per hari untuk rumah tipe 21 selama 10-15 tahun.

”Pemerintah Provinsi Sumsel akan mengadakan program sertifikat tanah gratis dan membangun jaringan listrik serta jalan. Kami juga sedang menjajaki kerja sama dengan Perusahaan Gas Negara untuk membuat jaringan gas untuk rumah tangga,” kata Alex.

Menurut Alex, rumah sederhana tersebut dibangun untuk PNS, anggota TNI dan Polri, guru, wartawan, dan berbagai profesi lain, seperti tukang becak dan sopir angkot. (WAD/kompas)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: