infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

[Tahun Baru Islam] Imam Masjid Haram dan Nabawi akan ke Palembang

Posted by infokito™ pada 12 Desember 2008

Peringatan pergantian Tahun Baru Islam 1 Muharam 1430 hijriah yang jatuh pada 28 Desember 2008 mendatang, dipastikan akan lebih meriah dari tahun-tahun sebelumnya.

Pasalnya, para ulama di Provinsi Sumsel sepakat akan menggelar daurah para imam masjid se-Sumatera dengan menghadirkan pembicara nasional dan internasional.

Ketua Panitia Perayaan 1 Muharam Ustaz H Sulaiman melalui Ustaz Nawawi Dentjik Al Hafid mengatakan, untuk menyemarakkan peringatan 1 Muharam 1430 H pada 28 Desember 2008, akan hadir imam Masjid Haram, Mekkah; dan imam Masjid Nabawi Madinah. Kedua imam besar akan memberi semacam pelatihan kepada para imam masjid se-Sumatera.

Selain itu, bersama qari internasional asal Mesir akan menghadiri haflah tilawatil quran di Masjid Agung SMB II.

Hal itu disampaikan panitia dalam rapat persiapan di ruang rapat Bina Praja Provinsi Sumsel. Dalam kesempatan tersebut, Ustaz Nawawi, Ustaz Habib Mahdi, dan sejumlah panitia lain, menegaskan bahwa acara tersebut merupakan rangkaian peringatan 1 Muharam.

“Sebelumnya pada 26–27 Desember akan berkumpul di Palembang imam masjid dari 10 provinsi se-Sumatera dan 15 kabupaten/kota se-Sumsel. Acara itu akan digelar di Masjid Agung SMB II dan bakal dihadiri sekitar 200 peserta. Masing-masing daerah mengutus tiga perwakilan imam masjidnya,” ujar Ustaz Nawawi di Palembang.

Sebagai puncak acara, pada hari berikutnya juga digelar haflah tilawatil quran yang dihadiri dauron imam Masjid Haram danImam Masjid Nabawi serta qari internasional asal Mesir.

“Kepastian kedua imam besar itu memang masih dikoordinasikan. Tetapi, sejauh ini belum ada pemberitahuan mengenai pembatalan,” katanya dalam rapat yang dipimpin Kepala Biro Kesejahteraan Sosial Setda Provinsi Sumsel Toni Panggarbesi itu.

Keinginan dan kebersamaan yang kuat dari para ulama yang terlibat dalam kepanitiaan merupakan k-ebanggaan tersendiri bagi umat muslim.

“Saya kira ini perubahan yang sangat baik, dan Pemprov siap mendukung semua itu. Termasuk, persiapan dan perbaikan beberapa sarana tempat acara, yakni Masjid Agung,” ujarnya. (berli zulkanedi/SINDO)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: