infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Stok Sembako Kota Palembang Cukup Aman

Posted by infokito™ pada 4 Desember 2008

Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi (Disperindagkop) Kota Palembang menyatakan, menjelang Hari Raya Idul Adha 1429 H, stok sembako di sejumlah pasar tradisional di Palembang mencukupi.

Dalam jumpa persnya, Kepala Disperindagkop Kota Palembang Wantjik Badaruddin melalui Kasi Pendaftaran Usaha dan Perdagangan M Nur Saleh menuturkan bahwa stok kebutuhan pokok relatif stabil.

“Hingga dua bulan mendatang, sejumlah distributor menjamin ketersediaan sembako, seperti beras, gula, tepung terigu, minyak sayur, dan daging,” ujar M Nur di Dinas Inforkom Kota Palembang kemarin.

Dia menjelaskan, kebutuhan beras sendiri sebesar 15.400 ton per bulan dan stok yang tersedia sebesar 32.438 ton. Begitu juga gula pasir yang kebutuhannya berkisar 1.398 ton per bulan dan stok yang tersedia 2.200 ton. Tepung terigu yang kebutuhannya 392 ton per bulan, stok tersedia 1.700 ton.Kebutuhan minyak goreng 1.106 liter per bulan, stok tersedia 5.150liter.

Sementara, rata-rata kebutuhan daging warga Palembang berkisar 798 ton per bulan. Menutur M Nur, dari pantauan sejumlah pasar tradisional, seperti Pasar Cinde, Gubah,Km 5, dan Pasar 26 Ilir, sejumlah harga sembako juga stabil. Meskipun terjadi kenaikan pada harga daging, beras lokal dan bermerek, minyak goreng, daging ayam, bawang merah, serta cabe merah.

Lebih lanjut dia menjelaskan, kenaikan harga tertinggi terjadi pada harga daging sapi, yakni berkisar 13,33% dari Rp60.000 per kg pada pekan ke-4 November 2008, menjadi Rp68.000 per kg hingga kemarin. Lalu, harga beras bermerek naik 2,61% dari Rp115.000 per 20 kg menjadi Rp118.000 per 20 kg.

Minyak goreng naik dari Rp7000 menjadi Rp7500 dan daging ayam naik dari Rp20.000 per kg menjadi Rp21.000 per kg. Adapun komoditas lain, seperti susu, telur ayam, dan gula pasir,masih normal.

Sementara itu, Kabag Pengembangan Usaha PD Pasar Palembang Jaya Usmandani membenarkan telah terjadi kenaikan pada beberapa bahan pokok, terutama daging sapi, ayam, dan telur. (siera syailendra/muhlis/SINDO)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: