infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Pasar Simpang Tiga Betung Terbakar

Posted by infokito™ pada 2 Desember 2008

Sebanyak sebelas ruko dan kios di Pasar Simpang Tiga,Kecamatan Betung, Selasa (2/12) sekitar pukul 00.30 WIB terbakar. Tak ada korban jiwa dalam musibah tersebut, tapi kerugian ditaksir mencapai Rp200 juta. Sumber api diduga berasal dari lilin yang dihidupkan warga ketika listrik padam.

Menurut keterangan saksi Heriyanto, malam itu kondisi Betung memang sedang gelap gulita akibat mati lampu. Tiba-tiba sekitar pukul 00.30 WIB, warga di sekitar tempat kejadian melihat kobaran api dari salah satu kios di pasar tersebut.

Melihat hal itu, sejumlah warga langsung berupaya memadamkan api dengan air seadanya. Namun, kondisi angin cukup keras membuat kobaran api semakin membesar, bahkan langsung menyambar kios dan ruko di sekitarnya. Sementara, warga lainnya berusaha menyelamatkan barang-barang berharga dari kobaran api.

“Untung saja ada warga yang memiliki racun api dan langsung menyemprotkannya ke arah api yang mulai menyambar. Tetapi, hal itu ternyata belum cukup untuk memadamkan ganasnya api,” ujar Heri yang juga pemilik salah satu bangunan yang terbakar.

Sekitar setengah jam kemudian, lanjut dia, sebanyak tiga mobil pemadam kebakaran dari Pemkab Banyuasin dan PT Medco mulai berdatangan dan langsung menyemprotkan air ke arah kobaran api. Tak lama kemudian, api dapat dijinakkan. Atas kejadian tersebut, dia berharap pihak PLN dapat melakukan pemberitahuan terlebih dulu kepada warga jika listrik hendak dipadamkan agar warga dapat waspada.

“Atas nama korban kebakaran saya juga meminta pihak pemkab melalui Dinas Koperindag UKM & PM memberi bantuan berupa bangunan kios untuk berdagang. Kebakaran itu menyebabkan modal kami habis. Dengan adanya bantuan, minimal kami bisa mencari modal untuk usaha kembali dan menghidupi keluarga,” ujarnya.

Camat Betung Firdaus didampingi Sekcam Hasanul Hak mengaku menerima kabar mengenai kebakaran di pasar tersebut sekitar pukul 00.45 WIB dan langsung meluncur ke lokasi kejadian. Pihaknya berharap agar para pedagang dapat bersabar menerima musibah yang telah menimpa.

“Saya juga mengimbau agar warga waspada ketika menghidupkan lilin saat listrik padam. Saat ini intensitas pemadaman listrik memang semakin sering,”katanya. Kebakaran tersebut turut menghanguskan gardu jaringan telepon milik Telkom sehingga mengganggu pelayanan pembuatan KTP dan KK sistem online. Untuk itu, selama kurun waktu 7–15 hari ke depan, warga belum bisa dilayani.

Kapolsek Betung AKP Nurhadiansyah membenarkan adanya kejadian kebakaran tersebut. Saat ini, pihaknya sedang mengusut kejadian yang telah menghanguskan sebelas kios dan ruko tersebut. Dugaan sementara, api berasal dari lilin yang dihidupkan pemilik kios manisan milik Pairus dan counter ponsel milik Ipan.

“Untuk sementara,dari keterangan korban,ada dua orang yang malam itu menghidupkan lilin, yakni Pairus dan Ipan.Tetapi, kami tidak tahu pasti mana yang telah menyebabkan kebakaran itu,” tuturnya. (yopie cipta raharja/SINDO)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: