infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Pemprov Sumsel Siapkan Anggaran Khusus untuk Lingkungan Hidup

Posted by infokito™ pada 1 Desember 2008

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menyiapkan anggaran khusus untuk persoalan lingkungan hidup. Hal itu diungkapkan Gubernur Sumsel Alex Noerdin, Jumat (28/11), saat aksi penanaman 1 juta pohon di Stadion Gelora Sriwijaya, Jakabaring.

Anggaran khusus untuk persoalan lingkungan hidup itu berasal dari APBD Provinsi Sumsel. Salah satu pemanfaatan anggaran tersebut untuk melakukan penanaman kembali hutan di Sumsel yang gundul.

Alex tidak menyebutkan jumlah anggaran tersebut. Namun, menurut Alex jumlahnya sudah cukup besar.

”Anggaran itu sedang dibicarakan di DPRD untuk digunakan tahun 2009. Sebenarnya anggaran semacam itu seharusnya sudah ada sejak tahun 2008, bahkan tahun-tahun sebelumnya sudah ada,” kata Alex.

Menurut Alex, aksi penanaman pohon yang dilakukan di Jakabaring tidak ada artinya dibandingkan dengan luas kerusakan hutan Sumsel yang sudah mencapai 25 persen.

Alex mengutarakan, jika aksi penanaman pohon dilakukan di seluruh Sumsel, dalam waktu tiga tahun kerusakan hutan di Sumsel dapat ditanggulangi. Aksi penanaman pohon sebaiknya tidak hanya dilakukan di hutan dan lahan kritis. Masyarakat juga diminta menanam pohon di pekarangan rumah masing-masing.

Dalam sambutan Menteri Kehutanan yang dibacakan Alex, aksi penanaman pohon diperlukan untuk menahan laju kerusakan hutan yang terjadi di Indonesia. Kerusakan mencapai 1,8 juta hektar tiap tahun.

Setiap kabupaten

Kepala Dinas Kehutanan Sumsel Hendriadi mengatakan, aksi penanaman pohon dilakukan serentak di 15 kabupaten/kota. Setiap kabupaten/kota menanam 1.000 batang pohon sehingga total terdapat 15.000 pohon baru yang ditanam.

Menurut Hendriadi, selama tahun 2008 di Sumsel telah ditanam sekitar 238.400 batang pohon baru. Aksi penanaman pohon di Sumsel sebelumnya telah dilakukan Gerakan Perempuan Menanam, penanaman pohon di lokasi bekas pelaksanaan Pekan Nasional (Penas) KTNA dan lain-lain.

”Aksi ini merupakan bagian dari semboyan kecil menanam besar memetik,” kata Hendriadi lagi. (WAD)

***Harian Kompas

Satu Tanggapan to “Pemprov Sumsel Siapkan Anggaran Khusus untuk Lingkungan Hidup”

  1. achmad syaiful,st said

    siip,buat gubernur baruku.saya skr lagi kuliah s2 tentang pengolahan limbah di ugm.siap membantu melestarikan lingkungan palembang.sukses buat sumsel

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: