infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Wukuf di Arafah 7 Desember

Posted by infokito™ pada 29 November 2008

Pemerintah Arab Saudi menetapkan 1 Dzulhijjah 1429 Hijriyah jatuh pada 29 November 2008, sehingga waktu wukuf di Arafah akan berlangsung pada 7 Desember 2008 (9 Dzulhijjah 1429 H).

“Naskah resminya belum kami terima, tapi lembaga Qodoul A`la (Mahkamah Agung) kepada kami menyatakan akhir Dzulqoidah telah ditetapkan pada Jumat (28/11) dan Sabtu (29/11) adalah awal Dzulhijjah,” kata Kepala Teknis Urusan Haji (TUH), Nurshamad Kamba, di Mekkah, Sabtu.

Dengan penetapkan 1 Dzulhijjah 1429 H pada 29 November 2008, maka wukuf di Arafah yang merupakan puncak haji akan berlangsung pada 7 Desember 2008 (9 Dzulhijjah 1429 H) dan hal itu berarti hari raya Iduladha jatuh pada 8 Desember 2008 (10 Dzulhijjah 1429).

“Biasanya tidak ada perubahan antara keputusan Qodoul A`la dengan pengumuman pemerintah,” katanya.

Mengenai prosesi di Armina (Arafah, Muzdalifah, Mina), ia mengatakan petugas siap melayani jemaah haji Indonesia untuk wukuf atau prosesi Armina.

“Soal jemaah masuk Arafah itu, insya-Allah 100 persen lancar, karena hal itu memang tanggungjawab pemerintah sini (Arab Saudi). Transportasinya dikelola langsung oleh muassasah dan naqobah, kita hanya membantu,” katanya.

“Biasanya, jam 02.00 WAS pada tanggal 9 Dzulhijjah dini hari, jemaah kita sudah ada yang sampai di Arafah. Insya-Allah semuanya siap. Tinggal masalah katering, semoga tidak seperti tahun lalu, karena ada perbaikan-perbaikan,” katanya. (ant/ts/depag-ri)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: