infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Tujuh Pembangkit PLN Rusak

Posted by infokito™ pada 29 November 2008

Sebanyak 7 pembangkit PLN mengalami gangguan sejak 24 November lalu. Untuk mengatasi defisit listrik, PLN kembali menerapkan pemadaman bergilir.

Asisten Manager (Asmen) Distribusi PT PLN (Persero) Cabang Palembang, Ir Yasin Haneman yang dikonfirmasi, Jumat (28/11) malam membenarkan  sejumlah pembangkit listrik yang terganggu sehingga menyebabkan terjadi difisit pasokan di sistem Sumbagsel-Sumbagteng.

Dikatakan, posisi beban puncak (BP) 1.582 MW dengan Daya Mampu Pembangkit (DPM) hanya 1.302 MW sehingga mengalami 280 MW. Kondisi ini disebabkan, gangguan di beberapa pembangkit seperti di PLTA Singkarak unit 3, PTLG Inderalaya unit 1, PLTA Ombilin unit 1, PLTG Kemarasan Unit 1 dan kegiatan Pemeliharaan Pembangkit PLTG Borang, PLTA Besai unit 1, ditambah dengan PLTU Bukitasam unit 1.

Dengan kondisi ini, maka PLN Cabang Palembang melakukan pemadaman bergilir  karena Palembang mengalami defisit 33 MW atau 28,2 persen dari total BP khusus Palembang 150 MW. Itu artinya, sekitar 30.000 pelanggan PLN Cabang Palembang terkena pemadaman bergilir.

Seperti hari ini, Sabtu (29/11), wilayah pemadaman mencakup Kecamatan Sukarami, Alang-Alang Lebar, Kecamatan Talangkelapa (Banyuasin dan wilayah lainnya. Pemadaman pada siang hari terjadi 09.00-16.00 sedangkan pada malam hari diprediksi semakin luas karena BP semakin naik.

Tentu saja dengan pemadaman ini, konsumen kembali dirugikan karena harus mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli lilin, dan BBM untuk menghidupkan genset. Kita ketahui bersama, jika pemakaian lilin tidak waspada, maka ancaman bahaya kebakaran akan terus membayangi warga.

Jika seperti itu terjadi, siapa lagi yang mau bertanggung jawab. Pastilah konsumen yang dipersalahkan.
Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Sumsel, RM Taufik Husni, SH, MH, memprotes keras adanya pemadaman tersebut. Terlebih, jumlah pembangkit yang mengalami gangguan cukup banyak.

“Kalau memang beban pembangkit di Wilayah Sumbagsel tidak kuat untuk menanggung beban listrik di Sumatera Bagian tengah, lebih baik putuskan interkoneksi,” katanya.***(husin/sripo)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: