infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Tol Palembang-Indralaya Ditender 2009

Posted by infokito™ pada 29 November 2008

Pembangunan jalan tol Palembang–Indralaya sepanjang 22 km, akan segera terwujud. Pasalnya, pada awal Januari atau paling lambat Februari 2009, tendernya digelar di pusat.

Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengatakan, prioritas anggaran Pemprov Sumsel 2008 memang pada kegiatan yang menyentuh langsung kepada masyarakat. Namun, bersamaan dengan dukungan dari pusat melalui kucuran APBN, pembangunan infrastruktur umum juga tetap diupayakan.

“Salah satunya, yakni mengupayakan pembangunan jalan tol yang menghubungkan Palembang–Indralaya. Kemudian, evaluasi flyover sehingga tujuan pembangunan mengatasi kemacetan benar-benar efektif,” ujar Alex saat menyampaikan jawaban gubernur atas pandangan umum fraksi-fraksi di DPRD Provinsi Sumsel kemarin.

Kepala Dinas PU Bina Marga Provinsi Sumsel Eddy Hermanto mengatakan, saat ini seluruh jaringan jalan tol yang akan dibangun se-Indonesia, termasuk tol Palembang–Indralaya, dalam proses persiapan tender. “Jalan tol Palembang–Indralaya kemungkinan besar dapat kita wujudkan.

Walau jaraknya hanya 22 km, ruas jalan itu termasuk padat. Bahkan, dari hasil studi yang dilakukan belum lama ini, ruas jalan yang menghubungkan Palembang–Ogan Ilir tersebut termasuk kriteria layak untuk dibangun jalan tol,” ucapnya di Pemprov Sumsel kemarin. Mengenai waktu pelaksanaan proses tender tersebut, lanjut Eddy, akan digelar dalam waktu dekat.

Bahkan menurut tahapan proses yang telah dimulai saat ini, proses tender jalan tol dibuka pada Januari 2009.

“Sebelum tender itu kan ada proses atau tahapan.Tapi insya Allah mudah-mudahan akan dibuka pada Januari–Februari 2009,”ujarnya.

Mengenai total kebutuhan dan sumber pendanaan, kata Eddy, proyek jalan tol Palembang–Indralaya tersebut bersumber dari APBN dengan nilai mencapai Rp1,05 triliun. Proyek tersebut juga termasuk ke dalam delapan proyek pembangunan ruas tol di Indonesia.

Ruas tol Palembang–Indralaya akan ditenderkan bersama dengan tiga proyek tol lain di Sumatera, di antaranya ruas tol Tegineneng–Babatan, Lampung, senilai Rp2,73 triliun; Medan-Binjai, Sumatera Utara, Rp1,1 triliun; dan Medan–Kualanamu–Tebing Tinggi senilai Rp4,4 triliun. Beberapa ruas tol tersebut telah dilakukan tender sebelumnya, sedangkan Sumsel sendiri baru akan dimulai tahun depan.

“Lantaran minimnya peserta, tender terpaksa ditunda. Pada tender tahap dua ini, sudah terdaftar dua peserta untuk ruas Palembang–Indralaya dan prosesnya sudah dimulai,” katanya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, rencana pembangunan ruas jalan tol tersebut memang diupayakan dapat segera dimulai. Untuk itu, diharapkan telah dilakukan berbagai upaya agar proyek tersebut dapat segera dimulai.

Sebelumnya, kata Eddy, Pemprov Sumsel bersama Departemen PU melakukan tender pada akhir Desember 2008 mendatang. “Awalnya kami targetkan Desember ini, tapi tahapan prosesnya menempatkan tender tersebut pada Januari atau paling lambat Februari,” tuturnya. (berli zulkanedi/SINDO)

Satu Tanggapan to “Tol Palembang-Indralaya Ditender 2009”

  1. kapn ya,,,kasian bgt jalannya skr..berlubang2 tambah lagi truk2 pengangkut batu bara itu sering jatuh ke rawa..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: