infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Sidang Itsbat Idul Adha 1429 H, Kamis 4 Desember

Posted by infokito™ pada 29 November 2008

Pemerintah bersama ormas-ormas Islam akan melaksanakan sidang itsbat (penetapan) Idul Adha, 10 Dzulhijjah 1429 Hijriyah pada hari Kamis, 4 Desember di kantor Departemen Agama Jl. Lapangan Banteng, Jakarta Pusat.

Hal itu dikemukakan Direktur Urusan Agama Islam Departemen Agama, Drs. H. Muchtar Ilyas kepada wartawan di Jakarta , Kamis sore (27/11). “Kemungkinan besar Idul Adha akan seragam,” katanya.

Meski demikian, kata Muchtar, pihaknya tetap melaksanakan rukyatul hilal pada hari Kamis sore, 27 November yang bertepatan tanggal 29 Dzulkaidah, di sejumlah titip rukyat yang dimiliki Departemen Agama di bawah Kasubdit Hisab dan Rukyat Departemen Agama RI.

“Tapi hasilnya belum bisa diumumkan, karena menunggu sidang itsbat,” ujarnya seraya menambahkan, sidang itsbat akan dipimpin oleh Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam, Prof Dr Nasaruddin Umar, mewakili Menteri Agama yang akan berangkat ke Arab Saudi, 1 Desember selaku Amirul Haj Indonesia.

Menurut Muchtar, penetapan Idul Adha atau lebaran haji berbeda dengan penetapan lebaran Idul Fitri- 1 Syawal. “Kalau Idul Fitri kita menetapkan awal bulan, sedangkan Idul Adha pada tanggal 10,” ujarnya.

Ditempat terpisah Sekretaris Pimpinan Pusat Muhammadiyah Drs H. Goodwill Zubir mengungkapkan bahwa Muhammadiyah menetapkan Idhul Adha 10 Dzulhijjah pada hari Senin, 8 Desember mendatang.

Dia menjelaskan berdasarkan perhitungan hisab haqiqi yang dilakukan Majelis Tarjih dan Tajdid Muhammadiyah, 1 Dzulhijjah ditetapkan pada 29 November, dan 9 Dzulhijjah yang merupakan hari wukuf di Arafah bagi umat Islam yang menunaikan ibadah haji pada 7 Desember, dengan demikian 10 Dzulhijjah jatuh pada 8 Desember mendatang.

Waktu perayaan Hari Raya Idul Adha antara Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama (NU) diperkirakan bersamaan. Sesuai metode hisab (perhitungan astronomis) yang dilakukan kedua organisasi kemasyarakatan Islam tersebut, 10 Dzulhijjah 1429 H jatuh pada 8 Desember 2008.

Almanak Pengurus Besar NU yang diterbitkan Lajnah Falakiyah menyebutkan bahwa hilal (bulan sabit) saat Matahari terbenam pada 29 Dzulqaâdah 1429 H, masih berada di bawah ufuk -3,57 derajat. (ks)

2 Tanggapan to “Sidang Itsbat Idul Adha 1429 H, Kamis 4 Desember”

  1. More Giants Stars said

    Bagus kebetulan posisi Bulan dan hilal awal Dzulhijjah 1429 H mengakomodasi semua kriteria yang beda-beda. Arab Saudi dan Indonesia sama – sama dalam kalendar Syamsiah wukuf 7 Desember 2008 dan Idul Adha 1429 H tanggal 8 Desember 2008. Tapi kalendar qamariah tidak kenal batas yang tetap seperti kalendar syamsiah, bisa saja tanggal syamsiahnya beda.

  2. More Giants Stars said

    Bagus kebetulan posisi Bulan dan hilal awal Dzulhijjah 1429 H mengakomodasi semua kriteria yang beda-beda. Arab Saudi dan Indonesia sama – sama dalam kalendar Syamsiah wukuf 7 Desember 2008 dan Idul Adha 1429 H tanggal 8 Desember 2008. Tapi kalendar qamariah tidak kenal batas yang tetap seperti kalendar syamsiah, bisa saja tanggal syamsiahnya beda, tapi tetap sama tanggal qamariahnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: