infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Rumah Murah bagi Guru dan Buruh

Posted by infokito™ pada 29 November 2008

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) segera membangun 2.000 unit rumah dengan angsuran ringan. Penyediaan rumah murah ini diperuntukkan bagi guru dan karyawan sektor informal lain, seperti tukang ojek atau sopir. Pembangunan rencananya dilakukan di kawasan Jakabaring, Palembang, dengan pilot project 1.000 rumah untuk guru.

“Tahap awal kami bangun 1.000 rumah, kemudian 1.000 lagi untuk tukang ojek, sopir, dan buruh informal lain,” ujar Gubernur Sumsel Alex Noerdin seusai menggelar rapat bersama pejabat Pemprov Sumsel kemarin.

Karena pembangunan bertujuan membantu masyarakat untuk mendapatkan rumah, kata Alex, angsuran yang ditetapkan juga akan disesuaikan dengan penghasilan guru dan tukang ojek. Melalui mekanisme ini, dalam waktu 10 tahun, para guru dan karyawan sektor informal akan memiliki rumah sendiri.

“Jadi, dengan membayar angsuran ringan, mereka akan mendapatkan rumah,” imbuhnya. Alex memastikan, program penyediaan rumah tidak hanya sebatas rencana, tetapi segera dijalankan pada 2009 mendatang dengan dukungan dana dari APBN dan pihak ketiga.

“Upaya kami pihak ketiga semua, tetapi pemerintah pusat punya program untuk itu,” ujarnya memastikan. Bersamaan dengan itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang juga merencanakan program yang sama. Namun, jumlah unit rumah yang akan dibangun 500 unit.

“Dalam waktu dekat, warga miskin akan kami beri kemudahan mendapatkan perumahan. Saat ini, kami masih mencari lahan,” ujar Wali Kota Palembang Eddy Santana Putra. Meski masih mencari lahan, Eddy memastikan program ini segera diwujudkan sehingga warga yang berpenghasilan rendah segera memiliki rumah dengan cara mencicil Rp10.000/hari.

“Angsuran jelas ringan, kan tujuan membantu. Selain itu, diupayakan tepat sasaran,” katanya.

Sementara itu, anggota Komisi IV DPRD Kota Palembang Harmen Abbas menyambut baik upaya pemerintah untuk menyediakan rumah murah bagi warga kurang mampu.Namun, untuk dapat menjamin program ini tepat sasaran, diharapkan proses pendataan dan pengawasan benar-benar berjalan. (berli z/m uzair/SINDO)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: