infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Penemu Uang Kuno Cuma Diberi Rp 3 Juta

Posted by infokito™ pada 27 November 2008

Rohimin (57), penemu ribuan uang logam kuno di Dusun Kepatihan, Desa Kepatihan, Kecamatan Tulangan, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, mengaku tidak puas atas imbalan yang diberikan Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Trowulan, Mojokerto.

BP3 Trowulan memberi kompensasi senilai Rp 3 juta kepada Rohimin yang menemukan uang tersebut pada Senin (24/11) di belakang rumahnya saat menggali tanah untuk membuat saluran pembuangan air.

Hal itu diungkapkan Kepala Desa Kepatihan Anang Suheri seusai bertemu pihak BP3 Trowulan, Kamis (27/11), di Mojokerto. Anang mengatakan, jumlah yang diberikan kepada Rohimin itu dinilai kurang layak, karena temuannya merupakan benda bersejarah peninggalan kerajaan Majapahit.

“Sebenarnya, kami mengharapkan jumlah di atas Rp 3 juta. Ini kan peninggalan bersejarah yang bernilai tinggi. Sudah sepantasnya jika pihak BP3 memberi imbalan yang lebih dari yang mereka berikan kepada Rohimin,” ujar Anang tanpa menyebut jumlah yang pantas seperti yang ia maksudkan.

Kepala Seksi Pelestarian dan Pemanfaatan pada BP3 Trowulan, Prapto Saptono, mengatakan, jumlah yang diberikan BP3 Trowulan kepada Rohimin dinilai cukup pantas. Ia mengatakan, kepingan uang kuno peninggalan kerajaan Majapahit tersebut bukan sesuatu yang langka, karena pihak BP3 Trowulan memiliki koleksi itu dalam jumlah banyak.

“Jumlah Rp 3 juta yang kami berikan itu kami rasa sudah pantas. Jika temuan uang kuno tersebut dijual ke tukang besi, uang itu biasanya hanya dihargai Rp 35.000 per kilogramnya,” jelas Prapto.

Berdasar penelitian BP3 Trowulan, kepingan uang kuno yang ditemukan Rohimin merupakan peninggalan kerajaan Majapahit. Diperkirakan, uang yang terbuat dari tembaga tersebut sudah ada sejak abad ke-13. Kini, uang itu masih disimpan Rohimin untuk dipertontonkan kepada warga.(apo/kompas)

13 Tanggapan to “Penemu Uang Kuno Cuma Diberi Rp 3 Juta”

  1. bayu ardiansyah said

    kasian bangat

  2. djfaster said

    Kepala Seksi Pelestarian dan Pemanfaatan pada BP3 Trowulan, Prapto Saptono, mengatakan, jumlah yang diberikan BP3 Trowulan kepada Rohimin dinilai cukup pantas. Ia mengatakan, kepingan uang kuno peninggalan kerajaan Majapahit tersebut bukan sesuatu yang langka, karena pihak BP3 Trowulan memiliki koleksi itu dalam jumlah banyak.

    “Jumlah Rp 3 juta yang kami berikan itu kami rasa sudah pantas. Jika temuan uang kuno tersebut dijual ke tukang besi, uang itu biasanya hanya dihargai Rp 35.000 per kilogramnya,” jelas Prapto.

    mestinya komentar begini gak pantes keluar dari mulut Seorang Kepala BP3, klo memang gak berharga ngapain mesti di beli ama BP3 kasih aja ama pak Rohimin biar dia jual ama tukang loak kek, atau sapa aja terserah wong dia nyang nemu ini.

    mestinya pak prapto nyadar dong bendanya bukan dinilai dari nilai jual tapi nilai sejarah yang ada, hargai niat baik pak rohimin untuk melapor dan menyerahkan benda purbakala kepada negara.

    kalo gini caranya jangan salahin masyarakat yang nemiun benda purbakala trus gak lapor ang malah dijual ke kolektor benda purbakala, karena mereka (kolektor) lebih pinta menghargai penemu benda bersejarah dibanding pemerintah.

  3. sant said

    Saya mencoba koleksi uang coin cina, yang dalam bahasa kolektor disebut uang gobog.
    “Sebenarnya kepingan uang kuno peninggalan kerajaan Majapahit tersebut bukan sesuatu yang langka, karena pihak BP3 Trowulan memiliki koleksi itu dalam jumlah banyak” ….
    dari gambar yang beredar, kliatannya bukan uang peninggalan Majapahit, tapi uang coin China yang mungkin beredar pada saat jaman Majapahit dan jumlahnya cukup banyak di pasaran. Harga di pasaran untuk uang cina berkisar antara 60.000 s/d 100.000 per kg.Di bandung ada kolektor yang punya coin tersebut sejumlah kurang lebih satu ton.
    Emang niat penemu baik, tapi sering mereka berharap terlalu berlebihan atas harga barang tersebut. Banyak orang yang menginginkan barangnya dihargai tinggi bila mereka menemukan sesuatu barang yang dianggap kuno.

  4. alfa said

    kalo yang namanya benda sejarah jangan ngitung pake kiloan donk ga bakalan ketemu, gimana kalo candi juga di hitung kiloan pasti banyak candi yang ilang nantinya

  5. monmon said

    alfa berkata
    14 Januari 2009 pada 10:25 am

    kalo yang namanya benda sejarah jangan ngitung pake kiloan donk ga bakalan ketemu, gimana kalo candi juga di hitung kiloan pasti banyak candi yang ilang nantinya.

    payah!!!! jgn samakan uang cina/gobok ma candi!!! dodol ah…

    gw punya bnyak, ada skitar 10kg, beli cuman 25rb aja /kg…

    wew… susah mank klo omg ma org2 yg bukan pecinta antik/krg ngerti brg antik!!!

    di otaknya selalu pikir semua brg antik MAHAL, nyatanya ga gitu…

  6. BOe said

    jual ke kolektor asing aja mas

  7. bayu said

    mungkin Seksi Pelestarian dan Pemanfaatan pada BP3 Trowulan makelaran barang antik

  8. Sebenarnya kalo memang uang tersebut adalah uang gobog cina,memang masih sangat mudah kita jumpai dan hal ini bisa kita lihat di bali,karena uang ini masih dipakai untuk persembahyangan.Namun koin ini berbeda sekali jika ada item2 tertentu yang memang sangat sulit di carinya misalkan saja:jaman emperor chang tsung,yuan mongol dynasty,emperor hen tsung.uang tersebut sangat berharga sekali karena sangat langka.

  9. jhon"S said

    Wah…Ruunyaam…!!!??.

  10. indra said

    bagi yg berminat uang antik 1000 tahun 1958-1964 gua ada,hub 08979571593

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: