infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Palembang Akan Ditanami 2.000 Pohon Langka

Posted by infokito™ pada 27 November 2008

Sebanyak 2.000 pohon langka, seperti meranti, pule, cempako, dan mahoni, akan ditanam di sejumlah kawasan di Kota Palembang. Penanaman pohon tersebut diprioritaskan ke kawasan yang termasuk lahan kritis, seperti di sepanjang Jalan Sriwijaya yang berbatasan dengan Kabupaten Ogan Ilir, tambahnya.

”Penanaman pohon tersebut dilaksanakan pada 28 November dan 1 Desember 2008 di dua lokasi yang berbeda,” kata Wali Kkota Palembang Eddy Santana Putra di Palembang, Rabu (26/11).

Menurut dia, 2.000 pohon itu merupakan sumbangan dari PTPN VII dan PT Indosat untuk ditanam pada Hari Menanam Pohon Indonesia yang dicanangkan Presiden RI, 28 November di Cisarua.

Ia mengatakan, secara rutin sejak beberapa tahun ini sudah menanam ribuan pohon untuk penghijauan di daerah tersebut.

Dengan dicanangkannya hari menanam pohon Indonesia ini tidak hanya pemerintah, tetapi masyarakat pun mulai menanam pohon dari rumah minimal satu pohon. Selain menghijaukan Kota Palembang, penanaman pohon tersebut juga menjadi media untuk melestarikan sejumlah tanaman langka yang selama ini sudah jarang dikembangbiakkan.

Tujuannya agar generasi penerus dapat mengetahui secara langsung berbagai pohon yang sudah sulit ditemukan.

Larangan menebang

Pemerintah Kota Palembang tidak hanya mulai melaksanakan penanaman pohon sejak beberapa tahun lalu, tetapi larangan menebang pohon pun telah diterapkan.

Kepala Dinas Penerangan Jalan, Sarana Utilitas, dan Pertamanan Taufik Sya’roni mengatakan, terhadap warga yang menebang pohon di kawasan pinggiran jalan atau permukiman pihaknya menerapkan sanksi hukum berupa denda dan kurungan sesuai dengan Perda Nomor 44 Tahun 2002.

Peraturan tersebut dinilai mulai berjalan maksimal terbukti sebagian besar warga Palembang kini mempertahankan pohon-pohon tumbuh, bahkan menanam berbagai tanaman hias dan pohon produktif di pekarangan rumah.

Sejumlah tamu juga berpartisipasi dalam menanam pohon di Kota Palembang, khususnya di kawasan Taman Kambang Iwak. Di antaranya wali kota dari salah satu kota di Jepang dan Miss Universe 2008. (ANTARA/BOY)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: