infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Proyek TAA Diambilalih Investor Baru

Posted by infokito™ pada 11 November 2008

Pembangunan pelabuhan Tanjung Api-api yang tersendat akibat kasus korupsi, akan dilanjutkan  pembangunannya oleh investor baru.  Gubernur Sumsel, Ir H Alex Noerdin SH Senin (10/11) pada paparan Visi Misi di Hotel Arya Duta mengungkapkan, pihaknya telah memutus kontrak investor lama karena tidak sanggup memenuhi kriteria bahan yang diminta dalam pembangunan TAA.

“Investor sudah ada. Dua bulan sebelum pelantikan, saya cari investor itu dan sudah ada yang mau. Pembangunan TAA akan diteruskan paling lama tiga tahun,” katanya dengan tidak mau menyebutkan nama investor.

Alex mengatakan, Pelabuhan TAA merupakan agenda sejak zaman Belanda yang belum selesai hingga sekarang. Penyelesaian TAA dinilainya sangat penting guna meningkatkan ekspor daerah seperti
batubara dan gas metan.

Selama ini, keuntungan ekspor diambil oleh provinsi lain karena memiliki akses keluar. Jika TAA selesai, keuntungan sepenuhnya dimiliki Sumsel.

“Kita punya batubara tapi orang yang menikmatinya. Kita punya gas metan yang diekspor ke Singapura, tapi kita mati lampu terus. Dengan selesainya TAA ini, semuanya kita balik. Singapura yang dulu terang benderang jadi sering mati lampu dan Sumsel yang sering mati lampu jadi terang benderang,” selorohnya.

Bangun rel KA
Guna mendukung ekspor dari TAA, Gubernur Sumsel Alex Noerdin akan membangun rel Kereta Api (KA) dari Kabupaten Lahat hingga ke TAA. Rel ini nanti berguna membawa mengangkut batubara menuju TAA.
Selain itu, juga akan dibangun KA Gantung dan KA Gabungan dari Tebingtinggi ke TAA dengan tujuan yang sama.

“Mari kita satukan tekad untuk membangun akses produk keluar. Pembangunan akan menggunakan dana pihak ketiga. Kita memfasilitasi saja,” ungkapnya.

Pembangunan rel KA ini terkait telah diekspornya batubara asal Lahat. Ekspor masih dilakukan dengan cara lama yakni mengangkut dengan KA menuju Bakauheni, Lampung. Pembangunan ini sendiri diperkirakan akan memakan biaya 600-700 Dollar Amerika.***(muksin)

****Harian SRIPO

2 Tanggapan to “Proyek TAA Diambilalih Investor Baru”

  1. arie said

    saya sangat setuju dengan apa yang dicanangkan oleh pak gubernur. maju terus untuk perkembangan sumsel

  2. Khalisa said

    Mudah-mudahan tidak ada hambatan dalam prosesnya dan dapat segera terealisasi mengingat gagasan pelabuhan TAA tsb sudah ada sejak zaman Belanda dan belum ada satu gubernurpun yang mampu merealisasikannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: