infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Kereta Dinas Presiden Senilai Rp7 Miliar

Posted by infokito™ pada 3 November 2008

Pemerintah melalui Departemen Perhubungan memesan kereta kedinasan yang akan digunakan oleh Presiden senilai Rp 7 miliar. Pembuatan kereta ini direncanakan dimulai dan tuntas pada tahun 2009.

Presiden Direktur PT Rekaindo Global Jasa (Reka), Muchlis Budiman, mengatakan hal ini, Minggu (2/11). Reka merupakan perusahaan patungan antara PT Industri Kereta Api (Inka) dan perusahaan perkeretaapian dari Jepang, Nippon Sharyo dan Sumitomo,

Menurut Muchlis, PT Rekaindo Global Jasa telah mulai membuat desain interior mesin dari kereta kedinasan ini. Rencananya akhir tahun ini desain tersebut telah selesai dibuat. Barulah pada awal tahun, desain diserahkan ke PT Inka untuk diintegrasikan dengan pembuatan gerbong yang akan dilakukan oleh PT Inka. Kereta kedinasan itu nantinya akan terdiri dari dua gerbong.

“Dengan dikerjakan oleh Reka, kami bisa mengaplikasikan desain kereta serupa yang pernah dibuat oleh perusahaan Nippon Sharyo dan Sumitomo. Kami bisa lihat organisasi ruangannya yang baik seperti apa termasuk bahan baku yang cocok,” ujarnya. Yang akan membedakan kereta kedinasan ini dengan kereta api yang selama ini digunakan presiden adalah dari sisi faktor keamanan, keindahan, dan khususnya kenyamanannya yang akan lebih baik.

PT Rekaindo Global Jasa telah berdiri sejak tahun 1999. Berdirinya perusahaan ini merupakan salah satu cara PT In ka menyerap teknologi yang diaplikasikan Nippon Sharyo dan Sumitomo dalam membuat kereta api. Salah satu hasil dari kerja Reka ini terlihat pada tahun 2006 lalu. Saat itu, PT Inka mengekspor 50 unit gerbong penumpang ke Bangladesh, dan Reka memberikan technical service dalam pembuatan gerbong-gerbong ini. Reka pula yang nantinya dipersiapkan untuk bisa membuat desain kereta supercepat di Indonesia, seperti shinkansen di Jepang, dengan jalur Jakarta ke Surabaya.

***sripo-online

Satu Tanggapan to “Kereta Dinas Presiden Senilai Rp7 Miliar”

  1. Koran Saya said

    kereta api presiden buat apa? bukanlah lebih cepat naik pesawat?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: