infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Golput Pilkada OKI Mencapai 21,30 Persen

Posted by infokito™ pada 30 Oktober 2008

Sebanyak 103.538 atau 21,30 persen mata pilih yang tersebar di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) tidak menggunakan hak pilihnya, (golput) dari jumlah mata pilih yang daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 486.026 orang. Ribuan orang yang golput tersebut diperkirakan karena saat pencoblosan hujan deras seharian sehingga warga yang berhak memilih tidak menyempatkan diri untuk mengikuti pencoblosan, Rabu (29/10).

Ketua KPUD OKI, Ir Haisen Hower, MP melalui Anggota KPU, Drs H Abdul Usman Hamid , SH, MHum mengatakan berdasarkan data terakhir yang diperoleh dari KPUD dari setiap PPK kecamatan di 18 kecamatan, jumlah mata pilih di kabupaten OKI untuk Pemilukada Bupati mencapai 486.026 suara. Namun, dari jumlah mata pilih tersebut tidak seluruh mata pilih memberikan hak suaranya saat pelaksanaan pemilukada 23 Oktober lalu.

“Dari hasil yang didapat dari rekapitulasi sementara dari PPK kecamatan dari mata pilih tersebut, sekitar 21,30 persen warga tidak memberikan hak suaranya. Karena dengan alasan yang didapat itu, warga kesulitan untuk mendatangi ke tempat pemungutan suara dikarenakan hujan,” kata Haisen.

Namun, sekitar 78,70 persen atau 382.488 orang yang menggunakan hak pilihnya. Untuk itu, ditambahkan Abdul, angka tersebut berdasarkan surat suara di setiap 18 kecamatan OKI sudah selesai di rekapitulasi dan dilaporkan ke KPUD. Maka itu, hari ini, Kamis (30/10) akan melaksanakan rapat pleno penentuan para pasangan yang mendapatkan angka tertinggi saat pemilihan langsung kepala daerah yang lalu. Bagi pasangan yang dianggap memiliki angka paling tinggi, maka pasangan tersebut berhak untuk memimpin OKI 5 tahun kedepan.

“Rekapitulasi hasil suara di setiap PPK kecamatan sudah finish, hanya saja belum dilaksanakan rapat pleno. Karena rapat pleno yang akan dilaksanakan itu harus dihadiri para pasangan calon atau saksi-saksi pasangan dan partai pengusung dan seluruh PPK kecamatan serta panwaslu. Barulah menggelar rapat pleno yang dibuka oleh Ketua KPUD OKI,” katanya.

Diuraikan Abdul, dari hasil penghitungan persentase suara per kecamatan sampai dengan 26 September 2008 didapat pasangan H Iskandar Maliki–H Iskandar Aidi (Duo Iskandar) memeroleh 7,03 persen suara, pasangan Iskandar SE–Kukuh Pudiyarto (Kandaku) memeroleh 41,93 persen suara, pasangan Hendri Faishal–Rahma Dewi (Independen memeroleh 1,25 persen suara dan terakhir pasangan H Ishak Mekki–H Engga Dewata (Ismed) memeroleh 49,79 persen suara.

Dari hasil sementara tersebut, dipastikan pasangan nomor urut 4 Ismed unggul dengan peroleh 190.425 suara atau 49,79 persen yang berhasil menyingkirkan calon pasangan yang lainnya. Maka itu, tepat hari ini, keempat pasangan calon kepala daerah akan menerima hasil secara murni yang akan dihitung oleh pihak KPUD OKI secara manual dan dihadiri para saksi dan partai pengusung lainnya. – Mat Bodok

***Harian SRIPO

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: