infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Pemkab Banyuasin Segera Bangun Pembangkit Listrik

Posted by infokito™ pada 27 Oktober 2008

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuasin segera membangun pembangkit listrik agar seluruh wilayahnya dapat teraliri listrik. Oleh karena itu, pemkab terus membidik investor yang berkeinginan untuk membangun pembangkit listrik (power plan). Pasalnya, hanya dengan cara itu, 60% lebih wilayah Banyuasin yang belum tersentuh listrik dapat menikmati listrik, terutama di wilayah perairan.

Salah satu perusahaan yang sedang dilirik pemkab, yakni PT Servo Group. Perusahaan yang bergerak pada penambangan batu bara tersebut diyakini mampu membangun power plan di Kabupaten Banyuasin. Terlebih, Kabupaten Banyuasin merupakan salah satu kabupaten penghasil batu bara low calorie.

Dengan cadangan sebanyak 1.5 miliar ton, Kabupaten Banyuasin menjamin pemenuhan bahan bakar untuk power plan dalam jangka waktu yang cukup panjang. Bupati Banyuasin H Amiruddin Inoed membenarkan pihak pemkab telah menawarkan kepada perusahaan tersebut untuk segera membangun power plan dengan memanfaatkan kandungan batu bara yang masih tersimpan di perut Bumi Sedulang Setudung ini.

Apalagi, batu bara yang dimiliki Banyuasin merupakan batu bara yang sangat cocok untuk dimanfaatkan sebagai bahan bakar pembangkit listrik. “Saya sudah bicara kepada mereka (Servo Group) untuk membangun power plan. Kita harapkan mereka tidak hanya mengekspor batu bara, tetapi juga memanfaatkan batu bara lokal untuk pembangkit listrik tenaga batu bara,” paparnya.

Setidaknya, lanjut dia, untuk meliputi kebutuhan listrik baik yang berada di daerah perairan maupun yang di wilayah perkotaan, pihaknya meminta pihak Servo membangun power plandengan kapasitas 2×150 megawatt. Dengan kapasitas sebesar itu, ke depan Kabupaten Banyuasin memiliki cadangan energi listrik yang dapat menerangi seluruh wilayah yang belum tersentuh listrik sama sekali.

”Kalau kita punya power plan yang besar seperti itu, nanti kan bisa dijual ke rakyat melalui PLN. Jadi, selain punya cadangan listrik untuk rakyat, kita juga bisa menjual energi listrik tersebut kepada industri-industri yang membangun pabrik di wilayah ini. Bahkan, nanti tidak hanya untuk wilayah perairan, akan tetapi bisa kita alirkan ke wilayah perkotaan yang belum mendapat aliran listrik,” kata Amiruddin.

Wakil Bupati Banyuasin H A Rahman Hasan menambahkan, Kabupaten Banyuasin memiliki kandungan batu bara yang cukup besar dengan angka perkiraan sesuai hasil survei beberapa waktu lalu sebesar 1.5 miliar ton yang tersebar ke beberapa kecamatan, di antaranya Kecamatan Pulau Rimau, Tungkal Ilir, Rantau Bayur Betung, dan beberapa kecamatan perairan lainnya.

“Tetapi sayang,hingga kini, potensi batu bara di Bumi Sedulang Setudung belum ada yang dimanfaatkan lantaran terkendala infrastruktur. Padahal, dengan potensi yang dimiliki tersebut, Banyuasin akan menjadi kabupaten penyandang sumber energi di Sumsel.Sementara, beberapa perusahaan yang memegang izin penambangan belum juga merealisasikan programnya,” ucapnya.

Menanggapi keinginan tersebut, Direktur PT Swarnadwipa Dermaga Jaya (Servo Group) Fitrot Agung Pribadi menjelaskan, pihaknya menanggapi positif tawaran yang diberikan Pemkab Banyuasin untuk melakukan pembangunan power plan.

Hanya, untuk sekarang ini, pihaknya masih harus berkonsentrasi pada pembangunan infrastruktur menuju Pelabuhan Internasional Tanjung Api-Api (TAA). Dia menambahkan, pihaknya sedang melakukan pembangunan jalan darat dari Kabupaten Lahat menuju Pelabuhan Tanjung Api-api yang melewati Kabupaten Banyuasin sepanjang ratusan kilometer.

Artinya, tidak menutup kemungkinan, ke depan, jika dari sisi infrastruktur sudah siap, investasi perusahaan juga bakal merambat pada pembangunan power plan.

”Kalau untuk sekarang, kami belum ada rencana ke arah sana (bangun power plan), tapi kami akan mengikuti perkembangan selanjutnya. Sekarang kami masih berkonsentrasi pada pembangunan infrastruktur. Sebab, infrastruktur angkut sangat penting dan itu belum ada di Sumsel,” tuturnya. (yopie cipta raharja/SINDO)

4 Tanggapan to “Pemkab Banyuasin Segera Bangun Pembangkit Listrik”

  1. Bams said

    Semoga dengan berdirinya pembangkit listrik Banyuasin semakin maju.
    http://www.neoprofit.tk/

  2. edisetia said

    itu memang bagus supaya daerah terpencil bisa mendapakan penerangan listrik

  3. krido said

    semoga terlaksana,dgn harapan kita kelak banyuasin dapat lebih maju dan pastinya dapat menjadi solusi masalah pengangguran.

  4. Eko Siswantoro ( PATRI ) said

    Saya yakin Banyuasin bisa dengan komitmen, karena banyuasin adalah kabupaten yang kaya dengan sumber daya Alamnya, lebih baik kalau Pemkab berinfestasi berimbang dengan investor dalam pembangunan power plant maupun bahan bakar yang juga ada di banyuasin sehingga PAD juga akan bertambah. dan tidak hanya mendapat pembagian dari investor.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: