infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Pendaftar KPUD Kota Palembang Membludak

Posted by infokito™ pada 24 Oktober 2008

Hujan deras sepanjang hari kemarin tidak menyurutkan minat masyarakat untuk mendaftar sebagai anggota Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Palembang.

Terbukti, pada hari pertama pendaftaran, Kamis (23/10), hingga pukul 12.30 WIB, tercatat 35 warga yang telah mengambil formulir pendaftaran. Mereka berasal dari beragam latar belakang profesi, mulai akademisi, pegawai swasta, hingga aktivis lembaga swadaya masyarakat.

Rosmawati, dosen Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Palembang, salah satunya. Dia berminat mendaftar menjadi anggota KPUD dengan tujuan mengabdikan ilmunya untuk penyelenggaraan pemilihan umum (pemilu) dan pemilihan kepala daerah (pilkada) yang bersih.

“Saya ingin agar pengetahuan mengenai penyelenggaraan pemilu yang saya miliki bisa diterapkan langsung dengan menjadi penyelenggara pemilu,” ujar Rosmawati kepada SINDO seusai mengambil formulir pendaftaran di Sekretariat Tim Seleksi (Timsel) KPUD Palembang kemarin.

Dalam proses seleksi anggota KPUD, Rosmawati berharap timsel melakukannya secara independen dan tetap menjaga netralitas. Apalagi, menurut informasi yang dia terima, beberapa anggota KPUD Palembang yang saat ini masih bertugas akan kembali mendaftarkan diri.

“Saya berharap timsel bekerja sesuai porsi,tidak membedakan apakah calon pernah menjadi anggota KPUD atau tidak, sesuai aturan,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, anggota Timsel KPUD Palembang Arniza Nilawati menjanjikan, dalam menjalankan tugasnya, Timsel KPUD Palembang akan memberikan perlakuan yang sama terhadap semua calon. Lulus atau tidaknya seluruh calon, menurut dia, sangat tergantung pada hasil penilaian masing-masing.

“Kalau nilainya tidak maksimal, meskipun dia anggota KPUD,tetap tidak lulus,” tandas Arniza yang sehari-hari bertugas sebagai dosen Fakultas Ekonomi UMP ini.

Mengenai kuota perempuan, sambung dia, timsel akan memberikan kesempatan minimal 30% bagi perempuan untuk menjadi anggota KPUD. Namun, tidak menutup kemungkinan jumlahnya akan melebihi ketentuan.

“Dari amanat undang-undang, minimal ada 30% calon anggota KPUD perempuan. Jadi, kalau nanti timsel mengajukan 10 orang ke KPUD provinsi, 3 di antaranya harus perempuan,” ucapnya. Bahkan, lanjut Arniza, jumlahnya mungkin bisa lebih, tergantung pada hasil seleksi.

“Hari ini saya lihat jumlah pendaftar lebih banyak perempuan, mungkin persentase yang jadi bisa lebih besar,” kata satu-satunya wanita yang menjadi anggota Timsel KPUD ini. Sekretaris Timsel KPUD Palembang Andi Wijaya Busro menambahkan, salah satu persyaratan untuk menjadi anggota KPUD, yakni memahami seluk beluk penyelenggaraan pemilu.

Pemahaman itu dibuktikan dengan menyampaikan makalah seputar pelaksanaan pemilu.Bagi calon yang belum pernah menjadi penyelenggara pemilu, minimal tingkat kecamatan. Sedangkan untuk calon anggota yang masih atau pernah menjabat sebagai penyelenggara pemilu, lanjut dia, seperti anggota KPUD, PPK atau Panwaslu minimal tingkat kecamatan, cukup melampirkan salinan SK pengangkatan.

“Penyampaian makalah ini juga diberlakukan untuk calon anggota yang masih atau pernah menjadi anggota PPS (panitia pemungutan suara) di tingkat kelurahan atau desa,” katanya. Sebab, dalam undang-undang, ujar Andi, persyaratan pengalaman minimal tingkat kecamatan, yaitu PPK atau Panwascam.

“Sedangkan PPS di tingkat desa atau kelurahan, tidak memenuhi ketentuan ini,”timpal Andi yang juga Ketua KNPI Sumsel ini.

***Harian SINDO

Satu Tanggapan to “Pendaftar KPUD Kota Palembang Membludak”

  1. si bolang said

    wah boleh juga nih
    kapan terakhir ya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: