infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Besok, Warga OKI Nyoblos Bupati

Posted by infokito™ pada 22 Oktober 2008

Nasib masyarakat Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) lima tahun ke depan segera ditentukan. Kamis (23/10) besok, sekitar 486.046 mata pilih yang tersebar di 18 kecamatan di Kabupaten OKI akan mencoblos di 1.353 tempat pemungutan suara (TPS) untuk menentukan siapa Bupati dan Wakil Bupati OKI periode 2009–2014 mendatang.

Seperti diketahui, Pilkada OKI diikuti 4 pasang calon bupati dan wakil bupati, yakni pasangan nomor 1 Iskandar Maliki- Iskandar Aidi (Duo Iskandar) yang didukung koalisi 13 parpol, antara lain PBB, PKPB, PSI, PPNUI, PNI Marhaenis, PPDK, Partai Patriot, Partai Pelopor, dan PNBK; pasangan nomor 2 Iskandar SE–Kukuh Pudiyanto (KANDAKU) yang diusung PAN dan PKB; pasangan nomor urut 3 Hendri Faisal Damhari- Rahma Dewi Kalung (Hera) yang merupakan calon perseorangan; dan terakhir, pasangan nomor 4 H Ishak Mekki-H Engga Dewata (ISMED) yang diusung parpol besar, seperti Partai Golkar, PDIP, PKS, PBR, PPP, Partai Demokrat, dan lainnya.

Pantauan SINDO kemarin, sehari menjelang pencoblosan, aktivitas warga berjalan normal. Begitu pula aktivitas empat pasangan kandidat yang tampaknya semua mematuhi ketentuan minggu tenang yang telah ditetapkan KPUD OKI. Hanya, walaupun tidak dilakukan secara terbuka dan besar-besaran, di beberapa tempat masing-masing timses masih menggunakan sisa waktu ini untuk meyakinkan dan memengaruhi masyarakat agar memilih kandidat mereka. Rumah masing-masing kandidat pun tampak ramai dipadati pendukungnya.

Ketua KPUD OKI Haisen Hower menjelaskan, pada hari pencoblosan besok, calon bupati incumbent H Ishak Mekki akan mencoblos di TPS 1 Kelurahan Cinta Raja, Kayuagung, sedangkan pasangannya, Engga Dewata, dipastikan mencoblos di TPS Desa Pedamaran, Kecamatan Pedamaran.

Sementara, Cawabup Kukuh Pudiyarto mencoblos di TPS Desa Tugujaya, Kecamatan Lempuing, sedangkan pasangannya, Cabup Iskandar, tidak mencoblos karena tidak terdaftar sebagai pemilih. Adapun untuk pasangan Duo Iskandar, hanya cawabup Iskandar Aidi yang mencoblos di TPS 4 Kampung Mandiri Gubah, Kecamatan Kayuagung, sedangkan pasangannya, cabup Iskandar Maliki, tidak mencoblos.

Cabup Hendri Faisal juga tidak mencoblos karena tidak terdaftar sebagai mata pilih, sementara pasangannya, Rahma Kalung, akan mencoblos di TPS 2 Tanjung Nior, Desa Pedamaran 5, Kecamatan Pedamaran.

ISMED dan KANDAKU Bersaing

Kendati empat pasangan kandidat dinilai sama-sama berpeluang memenangkan pilkada langsung pertama di OKI ini, sejumlah kalangan memprediksi bahwa hanya dua pasang yang akan bertarung cukup ketat, yaitu pasangan ISMED yang merupakan incumbent dan penantangnya, pasangan KANDAKU.

Bahkan, kedua pasangan ini sama-sama mengklaim akan tampil sebagai pemenang dengan me-release hasil survei dari lembaga yang mereka jadikan konsultan. Dua lembaga survei terkenal dan berskala nasional, yakni Lembaga Survey Indonesia (LSI) pimpinan Syaiful Mudjani dan Lingkaran Survey Indonesia (LSI) pimpinan Denni JA sama-sama menyatakan bahwa pasangan ISMED yang akan tampil sebagai pemenang.

Sementara, menurut survei lembaga Pusat Studi Demokrasi dan Hak Asasi Manusia (Pusdeham) pimpinan Muhammad Aspar menyatakan, pasangan KANDAKU akan memenangkan Pilkada OKI ini. Untuk meyakinkan masyarakat OKI, kedua pasang kandidat ini telah memasang iklan hasil survei di sejumlah media massa lokal.

Staf Peneliti Lembaga Survey Indonesia (LSI) Hidayat yang dihubungi SINDO kemarin menjelaskan, berdasarkan survei yang mereka lakukan, diprediksi pasangan ISMED akan memenangi Pilkada OKI. Sayangnya, Hidayat enggan memerinci persentase suara yang akan diperoleh pasangan tersebut.

Demikian halnya menurut Staf Peneliti Lingkaran Survey Indonesia (LSI) Setia Darma. Menurut dia, dari empat kali survei yang mereka lakukan, pasangan ISMED tetap unggul. Bahkan, LSI meyakini bahwa pasangan ISMED akan menang dalam satu putaran.

“Menurut survei terakhir yang kami lakukan sekitar pertengahan Oktober 2008 lalu, pasangan ISMED akan menang dalam satu putaran. Tapi, maaf saya tidak bisa memberikan angka persentase, karena kami khawatir ditegur KPUD,” ucap Setia Darma yang dihubungi SINDO via telepon, Minggu (20/10).

Sementara itu,survei yang dilakukan Pusat Studi Demokrasi dan HAM (Pusdeham) hasilnya berlainan. Pusdeham menyatakan bahwa pasangan KANDAKU akan memenangi Pilkada OKI. Menurut Direktur Pusdeham Muhammad Aspar, berdasarkan survei yang mereka lakukan akhir September 2008 hingga awal Oktober 2008 lalu, tren dukungan terhadap pasangan yang diusung PAN dan PKB tersebut mengalami peningkatan yang sangat signifikan.

“Prediksi kami, pasangan KANDAKU akan memenangi Pilkada OKI dalam satu putaran,” ucap dia yang dihubungi secara terpisah.

963 Personel Polisi Diterjunkan

Sementara itu, untuk mengamankan jalannya pilkada besok, Polres OKI menerjunkan sekitar 963 personel di Pos PAM TPS maupun standby di Polres OKI. Selain berasal dari Polres OKI, pengamanan juga dibantu Polres Ogan Ilir, Polres Banyuasin, Poltabes Palembang, dan Polda Sumsel.

Kepala Kepolisian Resor (Polres) OKI Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Yudhi Faisal Hambali SH MH didampingi Wakil Kapolres OKI Kompol Rendra Salipu SIK menjelaskan, dari 963 petugas tersebut,sekitar 798 personel akan dikerahkan untuk melakukan pengamanan di TPS. Sementara, sisanya sekitar 165 personel akan ditempatkan di Polres OKI. “Diharapkan Pilkada OKI dapat berjalan lancar, aman, dan terkendali,” tuturnya. (darfian mj suprana)

***Harian SINDO

2 Tanggapan to “Besok, Warga OKI Nyoblos Bupati”

  1. nia aza said

    HIDUP ISMED
    HIDUP ISMED
    HIDUP ISMED

    dy BAKAS KU TAOOOOOOOOOOoooooooo
    $_$

  2. Paguyuban Pujakesuma said

    Selamat atas keunggulan sementara menurut LSI H. Ishak Mekki dan H. Engga Dewata pada PEMILUKADA KABUPATEN OKI periode 2009-2014
    Pujakesuma yakin ISMED akan tetap unggul sampai perhitungan manual KPUD karena kami warga Pujakesuma di Lempuing Mesuji dan sekitarnya bahu-membahu mendukung penuh pasangan ISMED
    (Moyo Martoyo,Ketua Pujakesuma Sumatera-Selatan)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: