infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Limbah PT Cifu Bermasalah

Posted by infokito™ pada 20 Oktober 2008

Setelah menunggu lama, akhirnya penyebab matinya ribuan ikan di Sungai Lagan, Desa Ulak Bandung, Kecamatan Ujan Mas, Kabupaten Muaraenim, berhasil diketahui.

Hasil Laboratorium Badan Pengendali Dampak Lingkungan Daerah (Bapedalda) Sumsel dengan tegas menyebutkan, limbah pabrik CPO milik PT Cipta Futura (Cifu) merupakan penyebab utama matinya ribuan ikan dan rusaknya ekosistem Sungai Lagan yang terjadi beberapa waktu lalu.

Setelah mendapatkan laporan hasil laboratorium, Bupati Muaraenim Kalamudin Djinab langsung menyurati pihak manajemen PT Cifu agar segera menormalisasikan Sungai Lagan dan Sungai Enau yang terkena limbah pabrik perusahaan tersebut.

Pihak PT Cifu juga diberi waktu selama satu bulan untuk merealisasikan isi surat yang dilayangkan. Selain itu, pemkab memberikan empat poin tambahan yang harus dilakukan PT Cifu, yakni meminta pihak perusahaan mengangkat endapan limbah di Sungai Lagan dan Sungai Enau.

Perusahaan yang bergerak di bidang usaha perkebunan kelapa sawit tersebut juga harus mengembalikan ekosistem sungai yang tercemar limbah. Kemudian, perusahaan harus membuat IPAL (instalasi pengelolaan limbah) yang representatif atau memperbanyak tanggul tempat pembuangan limbah.

Terakhir, PT Cifu diminta merealisasikan dana community development dengan membuat sumur gali untuk masyarakat Desa Ulak Bandung. “Apabila dalam waktu satu bulan tidak melaksanakan tuntutan tersebut, pemkab akan melakukan tuntutan secara hukum,” tandas Kalamudin dalam suratnya.

Sementara itu, Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Muaraenim Faizal Anwar yang juga anggota Komisi II menyambut baik surat yang dilayangkan Pemkab Muaraenim kepada PT Cifu.

Bahkan, kata dia, pihaknya selaku komisi yang langsung menangani kasus tersebut telah menerima surat tembusan yang berisi tuntutan Bupati Muaraenim kepada PT Cifu.

“Kami setuju dengan apa yang dilakukan pemkab dan akan terus memonitor aksi perusahaan dalam satu bulan ini. Apalagi, surat Bupati tersebut sudah ada di tangan kami,” ujar Faizal.

Sementara itu, Humas PT Cifu Jerry dikonfirmasi menjelaskan, pihaknya akan merespons baik surat tuntutan yang dilayangkan Pemkab Muaraenim.

Menurut dia, langkah pertama yang akan dilakukan pihaknya adalah mengajak Bapedalda Muaraenim guna berkonsultasi dengan Kepala Desa (Kades) Ulak Bandung untuk membahas tuntutan yang dilayangkan pemkab.

“Kami akan menemui Kades dan warga Ulak Bandung karena merekalah yang akan menentukan titik-titik mana yang akan dibangun sumur gali. Kami juga akan menaburkan benih ikan sesuai jenis ikan apa yang akan kita taburkan.

Selain itu, kami akan menambah petak tanggul penampungan limbah.Yang pasti kami akan merespons semua tuntutan tersebut dalam waktu dekat ini,” ujar Jerry. (andhiko tungga alam/sindo)

2 Tanggapan to “Limbah PT Cifu Bermasalah”

  1. abdul wahab said

    Saya sangat setuju dengan surat yang dilayangkan oleh pemkab muara enim,hal ini untuk menjaga kelestarian lingkungan,terutama sungai lagan,karena memang selama ini pt.cifu kurang memperhatikan sistim pengolahan limbah yang baik,sehingga membunuh ribuan ikan di sungai lagan.

  2. Naudzubilamindzalik.. Ya Alloh ampunilah hamba.. Terangkan hati nurani pimpinan PT CIFU, karena iblis merasuki hati mereka dan pada saat itu mereka adalah kaum munafik.. Astaghfirulloh hal adzim.. !!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: