infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Ditemukan Kapak Batu Manusia Purba

Posted by infokito™ pada 19 Oktober 2008

Tim Balai Arkeologi Yogyakarta yang tengah melakukan ekskavasi di formasi Kancilan Situs Patiayam, Desa Terban, Kecamatan Jekulo, 7 kilometer timur pusat pemerintahan Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Jumat (17/10), menemukan sebuah batu warna hitam berukuran panjang sekitar 12 sentimeter dengan ketebalan 2-5 sentimeter.

Menurut Kepala Balai Arkeologi Yogyakarta, Siswanto, batu yang ditemukan di pinggir Sungai Kancilan tersebut berbahan batuan beku basalt dan dinamakan kapak batu. ”Ini salah satu alat manusia purba (Homo erectus) yang hidup antara satu juta hingga 700.000 tahun lalu di Situs Patiayam ini,” tuturnya.

Penemuan batu tersebut merupakan kali kedua dalam tahun 2008, sehingga, menurut Siswanto, Situs Patiayam menjadi situs lengkap, yaitu memiliki manusia purba, fauna invertebrata dan vertebrata serta alat-alat batu manusia, dalam satu seri perlapisan tanah yang tidak terputus sejak minimal satu juta tahun lalu. ”Batu tersebut untuk sementara dibawa dan disimpan di Kantor Balai Arkeologi Yogyakarta untuk penelitian lebih lanjut,” tuturnya.

Ekskavasi terhadap fosil gajah purba di formasi Kancilan yang bertujuan untuk lokasi pendirian gardu atraksi dinyatakan selesai tahap pertama. Artinya, pihak pelaksana pembangunan gardu atraksi segera bisa melanjutkan pembangunan fisik.

Menurut Kantor Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kudus, Brata Subagya, melalui Kepala Seksi Sejarah Museum dan Purbakala, Sancaka Dwi Supani, pembangunan gardu atraksi tersebut dibiayai APBD Kudus 2008 sebesar Rp 40 juta. Namun, belum termasuk jalan menuju lokasi yang berjarak sekitar 200 meter yang masih berupa jalan tanah. (SUP/kompas)

Satu Tanggapan to “Ditemukan Kapak Batu Manusia Purba”

  1. firdia said

    bagus bgt artikelnya.makasih yaaaaaaaaaaaaa.pemuda indonesia mesti kayak gyni.khan kalau ada tugas dari bu guyu jadi gampang betul gak.khuakkhuakkhuakkhuak……………!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: