infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Dishub Palembang Segera Berlakukan Parkir Langganan

Posted by infokito™ pada 18 Oktober 2008

Per 1 November 2008 nanti, Dinas Perhubungan (Dishub) Palembang mulai memberlakukan penarikan retribusi parkir berlangganan. Namun, baru hanya kendaraan yang wajib uji saja, sedangkan kendaraan tidak wajib uji masih dibahas bagaimana cara penarikan retribusi parkirnya.

Kepala Sub Dinas (Kasubdin) Lalu Lintas Angkutan Jalan Dishub Palembang, Eddi Nursalam, Rabu (15/10) menjelaskan bahwa penarikan retribusi parkir berlangganan secara keseluruhan masih terhambat aturan. Setidaknya, penarikan retribusi berlangganan ini harus diundangkan dan dimasukan dalam lembaran daerah. Selain itu untuk penarikan retribusi parkir berlangganan terhadap kendaraan roda dua (motor) dan mobil pribadi masih dicarikan teknis penarikannya.

“Kemarin kita mau gabungkan dengan Samsat, kerja sama tapi belum ada kepastian sehingga belum dapat dilaksanakan, namun kami masih mencoba melobi ke Samsat,” ujar Eddi Nursalam.

Menurutnya, untuk 1 November 2008 ini mulai diberlakukan pemungutan retribusi parkir bagi kendaraan yang wajib uji. Kendaraan wajib uji ini seperti truk, pick up dan mobil barang lainnya.

Eddi menjelaskan, untuk truk besar dikenakan Rp 150.000 per tahun sedangkan wajib ujinya enam bulan sekali jadi dia bayar retribusi parkirnya saat kendaraan masuk uji.

“Artinya kalau setahun bayar Rp 150.000 maka enam bulan sekali bayar Rp 75.000. Begitu juga bagi kendaran wajib uji lainnya,” ungkap Eddi seraya menjelakan bahwa untuk kendaraan truk kecil dikenakan Rp 100.000 per tahun, kendaraan pick up kecil Rp 75.000 per tahun. Sedangkan kendaraan angkutan umum seperti angkot dan bus kota tidak dikenakan retribusi parkir.

Eddi mengaku, retribusi parkir yang diberlakukan Dishub ini untuk penarikan retribusi parkir di jalan umum dalam Kota Palembang. Sedangkan di lokasi parkir khusus seperti Parkir Palembang Square, PIM, PTC tidak berlaku.

“Artinya kendaraan yang sudah dipungut reetribusi parkir per tahun tidak berlaku untuk kawasan-kawasan parkir khusus tersebut, sehingga mereka tetap masih dipungut parkir oleh pengelola lokasi atau kawasan parkir khusus tersebut,” jelas Eddi. (trs-sripo)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: