infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Jalan Khusus 200 KM Lahat-Gasing

Posted by infokito™ pada 14 Oktober 2008

Kemungkinan besar, dalam waktu dekat akan dibangun jalan khusus bagi truk batubara dari Lahat ke Gasing, Banyuasin. Jalan khusus tersebut panjangnya sekitar 200 meter dan lebarnya 7 meter. Investor yang akan bangun jalan khusus itu adalah PT Servo.

Rencana pembangunan jalan ini dibahas dalam rapat tertutup antara perwakilan Servo dengan pemerintah Sumsel dalam hal ini langsung dihadiri Gubernur Sumsel, Prof dr H Mahyuddin NS SpOG (K), kemarin (13/10) di ruang rapat gubernur.

“Jadi tadi dibahas soal itu. Selama ini, mereka kan pake jalan umum. Nah, mereka berencana bangun jalan khusus dari Lahat ke pelabuhan Gasing,” beber asisten II bidang ekonomi dan pembangunan Ir Budi Rahardjo usao rapat. Tujuan dibangun jalan khusus ini agar tidak mengganggu lalu lintas kendaraan umum.

Selama ini, kata Budi PT Servo telah memproduksi batubara di kabupaten Lahat. “Tapi untuk membawanya keluar belum ada jalan, makanya ini mau dibangun jalan khusus,” kata Budi. Soal lahan yang akan dijadikan areal jalan khusus, tentunya harus dibeli pihak Servo.

Upaya ini dibarengi dengan pembebasan lahan. Yang pasti, jalan tersebut akan jadi aset perusahaan. “Kita hanya minta ketentuan agar angkutan umum nantinya boleh melintas di sana. Untuk angkutan dari perusahaan lain ya silakan deal dengan Servo,”tutur Budi.

Secara umum, lanjut Budi, jalan khusus itu akan seperti jalan tol. Jika pun akan ditarik retribusi oleh pihak Servo, semua tergantung kebijakan Servo sendiri. “Tapi, nantinya akan ada sharing retribusi dengan pemprov selama jalan itu digunakan,”cetusnya. Soal dana untuk pembangunan jalan, diserahkan kepada Servo.

Diperkirakan perlu dana sekitar Rp10-15 miliar lebih. Budi menambahkan, pemberian izin bagi pembangunan sejumlah infrastruktur di Sumsel  dimungkinkan agar investor banyak pilihan untuk mengembangkan investasinya.

Soal produksi batubara, selama ini dari Kertapati hanya sekitar 3 juta ton per tahunnya. Dengan dibangunnya jalan khusus ini, bisa diangkut keluar 400 truk batubara setiap harinya atau sekitar 4000 ton. “Per tahunnya sekitar 1,2 juta ton atau untuk menghasilkan listrik dengan daya 3000 Mw,”pungkasnya. (46/sumeks)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: