infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Cina akan Bangun Pabrik Pengolahan Nenas di Prabumulih

Posted by infokito™ pada 13 Oktober 2008

Jika rencana investor asal Cina jadi menanamkan investasi membangun pabrik pengolahan nenas di Kota Prabumulih, kota ini tentu saja tidak hanya menyandang slogan sebagai kota nenas. Pemerintah Kota (Pemkot) Prabumulih juga telah menyiapkan lahan seluas 300 hektare untuk lokasi pembangunan pabrik dan perkebunan nenas.

“Kita siapkan lahan tersebut di Desa Tanjung Telang, Kecamatan Cambai, Prabumulih. Kita tentu saja menyambut gembira rencana investasi tersebut,” ujar Walikota Prabumulih, Drs H Rachman Djalili MM, Minggu (12/10). Menurutnya sebagai pemerintah, tentu saja pihaknya akan memfasilitasi kedatangan investor, dan berusaha memberi kemudahan-kemudahan. Investasi pabrik pengolahan nenas tersebut akan sangat berarti bagi pembangunan Prabumulih.

Pasalnya selama ini slogan kota nenas hanya sebatas nama, sementara tidak gairah menanam nenas di masyarakat. “Saat ini nenas hanya jadi tanaman selingan saat petani baru menanam karet. Setelah karet besar, nenas pun ditinggalkan,” katanya. Rachman menambahkan tidak bergairahnya petani menanam nenas, akibat ketidak pastian pemasaran. Hal tersebut disebabkan belum adanya pabrik pengolahan nenas di Prabumulih.

Selama ini hanya ada pengolahan buah nenas yang dilakukan oleh pelaku usaha kecil, itu pun skalanya sangat kecil dan tidak berkesinambungan. “Adanya pabrik berskala besar, kita harapkan menjadikan petani bergairah menanam nenas,” katanya. Selain itu, hadirnya investasi di Prabumulih tentu saja akan menambah pendapatan daerah, menyerap tenaga kerja, dan menciptakan pertumbuhan ekonomi baru di sekitar lokasi pabrik.

“Pokoknya kita buka pintu lebar-lebar untuk investor tersebut,” katanya. Masih menurut Rachman saat ini rencana kedatangan investor tersebut sedang dikoordinasikan dengan dinas terkait di Pemprov Sumsel. Mengenai kepastiannya, Rachman belum mengetahui secara pasti.

Namun yang jelas ini, dalam waktu dekat ini akan ada survey dari pihak investor ke Prabumulih. “Diperkirakan pada akhir tahun 2008 ini, survey sudah mulai dilakukan,” ungkap Rachman. Ia berharap selain dorongan dari pihak pemerintah, masyarakat nantinya juga bisa mendukung aktivitas investor tersebut di Kota Prabumulih. (nik-sripo)

6 Tanggapan to “Cina akan Bangun Pabrik Pengolahan Nenas di Prabumulih”

  1. rusli said

    Bagus senang dengar berita seperti ini. Mudah-mudahan lancar, dan Prabumulih menjadi terkenal karena nanas. Kota nanas lah namonyo.

  2. syam said

    bolehlah… 😀

  3. Ahmad bishry said

    dak usalah oi….kgek laju prabu nih punya wonk cino galo….
    lmak bapak aku be….

  4. Nopi lestari said

    Pak saya mahasiswa perindustrian, sekarang lagi mau nyusun TA asal yang saya mau tanyakan apakah di palembang sudah ada pengolahan nanas menjadi keripik nanas, kalau ada bolehkan saya tahu perusahaan apa saja yang memanfaatkannya?

    Trimakasih atas jawabannya..

  5. sapta said

    pikirin limbahnya..jangan gek tabah hancur kota prabumulih,memang ada positif dan negatifnya…resiko untuk berkembang perlu kerja keras…Sekarang ini prabumulih cuacanya sudah panas bener…jangan2 lapisan ozon diatas kota prabumulih sudah bolong karena banyak penambangan

  6. Mohon bantuan informasi : Berapa kira-kira Total Investasi yang dibutuhkan , dan kapasitas pabrik yang akan dibangun .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: