infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Tujuh Orangutan Sumatera Dikirim ke Jambi

Posted by infokito™ pada 10 Oktober 2008

Tujuh ekor Orangutan Sumatera (Pongo abelii) hasil penyitaan yang telah melewati masa karantina di Sumatera Utara (Sumut), dikirimkan ke Taman Nasional Bukit Tigapuluh (TNBT) di Provinsi Jambi. Pengiriman ini bagian dari upaya konservasi habitat orangutan yang semakin menurun.

Seluruh orangutan tersebut merupakan hasil penyitaan dari berbagai daerah di Sumatera Utara dan Aceh. Masing-masing Prince, berusia 8 tahun, Kliwon (6), Afa (13), Joni (8), Ronaldinho (5) Jhon (11), dan Pinki (7) yang merupakan satu-satunya orangutan betina.

Orangutan tersebut dikirimkan ke Jambi setelah melewati masa karantina yang berlangsung sekitar 30 hari di Stasiun Karantina Batu Mbelin. Stasiun karantina yang berada di Desa Mbelin, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut) tersebut dikelola Sumatran Orangutan Conservation Programme (SOCP/Program Konservasi Orangutan Sumatera, sebuah lembaga yang dibentuk Yayasan Ekosistem Lestari (YEL) dan Paneco Swiss.

Ketua Yayasan YEL Sofyan Tan menyatakan, orangutan tersebut selanjutnya akan berada stasiun reintroduksi yang berada di Muara Tebo, Jambi untuk beberapa waktu, sebelum benar-benar dilepas ke alam liar di TNBT.

“Ini merupakan pengiriman yang ke-22 kali sejak SOCP berdiri tahun 2002,” kata Ketua YEL Sofyan Tan saat menyaksikan pemberangkatan ketujuh orangutan tersebut dari karantina.

Disebutkan Sofyan Tan, upaya konservasi dengan meliarkan kembali orangutan hasil penyitaan, merupakan salah satu upaya untuk mempertahankan habitat Orangutan Sumatera yang jumlahnya kini diperkirakan sekitar 6.500 ekor saja.

“Sebagian dari orangutan yang sudah diliarkan di Jambi, sudah mulai berkembang-biak. Sudah ada tiga induk yang melahirkan bayinya,” kata Sofyan Tan.(rul/rdf)

***detik-News

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: