infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Sekolah Anti Korupsi Akan Didirikan di Wina

Posted by infokito™ pada 10 Oktober 2008

Konferensi internasional anti korupsi telah ditutup. Poin-poin penting dihasilkan untuk pemberantasan korupsi di dunia. Salah satunya membentuk sekolah anti korupsi.

“Akademi antikorupsi pertama di dunia akan didirikan di Wina, Austria. Sekolah ini tentang segala hal yang terkait dengan penanganan atau pemberantasan korupsi. Dan akan dikelola dan bekerjasama dengan berbagai lembaga, termasuk interpol rencana akan beroperasi pada November 2009,” kata juru bicara KPK Johan Budi dalam siaran pers, yang diterima detikcom, Kamis (9/10/2008).

Sekolah itu, lanjut Johan, seperti disampaikan Direktur Jenderal European Anti-Fraud Office, European Commission Franz Hermann Bruener sangat berarti penting dalam pemberantasan korupsi.

“Korupsi merupakan kejahatan transnasional yang menghancurkan semua sendi kehidupan manusia,” ujar Bruener, seperti dituturkan Johan.

Konferensi anti korupsi ini digelar di Ukraina pada 3-6 Oktober 2008. Perhelatan yang yang ke-3 ini diikuti oleh 106 negara dan 13 organisasi internasional. Sedang Indonesia diwakili oleh 3 delegasi masing-masing dari KPK yakni Wakil Ketua KPK M Jasin, Kejaksaan Agung yakni Jaksa Agung Hendarman Supandji, dan dari Departemen Luar Negeri yakni Dirjen Hukum dan Perjanjian Internasional Eddi Pratomo.

“Konferensi menghasilkan 27 butir poin, selain pembentukan sekolah juga penerbitan jurnal yang khusus membahas tentang antikorupsi dan anti pencucian uang,” imbuh Johan.

Perhelatan lembaga-lembaga antikorupsi dunia ini juga dilakukan workshop yang dibagi dalam beberapa topik bahasan. Di antaranya adalah tentang Kerjasama Internasional di bidang asset tracing, korupsi di sektor swasta serta perlindungan saksi, ahli dan korban dalam tindak pidana korupsi.

IAACA merupakan asosiasi dari lembaga-lembaga antikorupsi dari berbagai negara di dunia. Setiap tahun ada pertemuan para anggota sekaligus media saling bertukar informasi dan pengalaman dalam pemberantasan korupsi.

“Pertemuan IAACA merupakan ajang bagi Indonesia, termasuk KPK didalamnya, untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan mengenai pemberantasan korupsi, termasuk menjalin kerjasama dalam bidang asset tracing yang merupakan agenda penting bagi pemberantasan korupsi di Indonesia,” tandas Johan.

Indra Subagja – detikNews

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: