infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Disbudpar Babel Lestarikan Lokasi ‘LASKAR PELANGI’

Posted by infokito™ pada 9 Oktober 2008

Dinas kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Bangka Belitung (Babel), akan melestarikan lokasi-lokasi dan properti yang digunakan untuk membuat film berjudul LASKAR PELANGI di Kabupaten Belitung dan Belitung Timur.

“Kami perlu melestarikan lokasi dan properti LASKAR PELANGI, untuk memberikan nilai tambah bagi ekonomi masyarakat setempat melalui kekayaan budaya dan pariwisata,” ujar Kepala Disbudpar Babel, Yan Megawandi dihubungi via telepon selulernya di Jakarta, Kamis.

Megawandi berada di Jakarta mendampingi aktor dan aktris cilik asal Belitung yang ikut bermain dalam film yang diambil dari novel karya putra asli Belitung, Andrea Hirata, produser Mira Lesmana dan Sutradara Riri Riza.

Istilah LASKAR PELANGI diambil dari 10 orang anak Belitung yang mendaftarkan diri pada hari pertama penerimaan siswa Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah Gantung (Gantong), Belitung Timur. Sebagai ibu guru Muslimah diperankan (Cut Mini) dan pak guru (Ikranegara).

Menurut dia, sentuhan menarik dari film LASKAR PELANGI adalah nilai-nilai perjuangan dalam memajukan pendidikan. Nilai nilai tersebut relevan dikembangkan sekarang ini, karena Pulau Bangka dan Belitung masih mengalami krisis sumber daya manusia.

Ia mengatakan, Pemerintah Provinsi Bangka Belitung sudah berkoordinasi dengan aparat di kabupaten Belitung dan Belitung Timur, agar mengambil langkah pelestarian bangunan SD Muhammadiyah, pasar dan lainnya yang menjadi objek syuting.

Menurut dia, semua lokasi dan properti pembuatan film tersebut diharapkan nantinya banyak dikunjungi wisatawan domestik dan asing, sekaligus mendukung program ‘Visit Babel Archi’ 2010 yang sudah dicanangkan Gubernur Babel, Eko Maulana Ali.

“Jumlah tempat dan properti terkait pembuatan film LASKAR PELANGI akan banyak tersebar di Belitung dan Belitung Timur, karena film yang sekarang ini baru tahap pertama dari 4 rangkaian cerita LASKAR PELANGI yang akan difilmkan,” ujarnya.

Ia mengakui kehadiran film LASKAR PELANGI yang mengungkapkan perjuangan dramatis anak-anak di Belitung Timur agar bisa mengecap pendidikan, mengundang ironi yang perlu dicarikan jalan keluarnya.

“Ironisnya adalah film LASKAR PELANGI yang diputar di berbagai bioskop telah menggemparkan kota-kota besar, sementara masyarakat Pulau Bangka dan Belitung yang telah lama menunggu pemutaran film hanya gigit jari tidak bisa menonton karena tidak ada bioskop di daerah itu,” ujarnya.

Menurut dia, pemerintah provinsi belum bisa memenuhi keinginan masyarakat Pulau Bangka dan Belitung yang ingin menonton film yang mengambil spirit nilai daerahnya tersebut, karena harus menghormati komitmen bisnis film tersebut.

“Setelah booming di kota -kota besar, kami akan mengusahakan film LASKAR PELANGI bisa diputar di sejumlah tempat di Pulau Bangka dan Belitung dalam bentuknya nonton bareng melalui layar tancap baik di ruangan tertutup dan ruangan terbuka,” ujarnya. (*/meg)

3 Tanggapan to “Disbudpar Babel Lestarikan Lokasi ‘LASKAR PELANGI’”

  1. may said

    Pendaftaran cpns di sleman kok lum ada, kapan neh……………..

  2. Rere-Recht said

    Laskar Pelangi it’s great!!!

    sayang bgt ya kl org2 babel masih krisis sdm??

    padahal salah satu pakar hukum tata negara kita yg juga profesor dan dosen di fakultas hukum ui dan pernah menjabat menteri adalah seorang anak bangka belitung asli. sy cuma berharap aja, dgn film dan novel laskar pelangi ini bisa menularkan spirit untuk memajukan pedndidikan indonesia yg kurang terarah ini. semoga byk anak2 hebat dari indonesia yg bisa muncul dan membangun bangsa yg besar ini.

    maju terus laskar pelangi, andrea hirata, dan seluruh anak2 yg berkemauan keras untuk maju…

  3. Thanks to my father who told me concerning this website, this web site is really amazing.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: