infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Masjid Lawangkidul Direnovasi

Posted by infokito™ pada 26 September 2008

Masjid Lawang Kidul adalah salah satu masjid tua di Kota Palembang. Masjid ini terletak di tepian Sungai Musi di semacam tanjung yang terbentuk oleh pertemuannya dengan muara Sungai Lawangkidul, di kawasan Kelurahan Lawangkidul, Kecamatan Ilir Timur II. Masjid ini kini sedang tahap direnovasi pada beberapa bagiannya karena sudah rapuh dimakan usia.

“Ada tujuh tahap rencana renovasi masjid ini. Sejauh ini baru sampai tahap IV. Kami masih butuh dana lagi sekitar Rp 750 juta,” kata Ketua Yayasan Masjid Lawangkidul Kiai H Ali Umar Thoyyib.

Rumah ibadah yang masuk dalam salah satu objek wisata sungai Palembang ini dibangun dan diwakafkan ulama Palembang kharismatik, Ki Mgs H Abdul Hamid bin Mgs H Mahmud atau yang dikenal dengan sebutan Kiai Merogan. Kiai Merogan dilahirkan pada tahun 1811 M dan wafat pada 31 Oktober 1901. Di masa hidupnya itulah masjid ini didirikan dan masih berdiri kokoh hingga sekarang. “Kami telah memulai renovasi sejak Januari 2008 lalu.

Sudah sekitar Rp 250 juta dana yang masuk. Ini pun masih kurang. Masjid punya utang di toko bangunan sebesar Rp 30 juta karena dana yang masuk dari donatur masih sangat kurang,” kata Ali.
Menurutnya renovasi masjid yang berdiri di lahan seluas 2.104 mulai dari cor beton atap teras keliling masjid, tempat wudhu dan toilet, kusen, pintu, jendela, plafon, ruang TK-TPA, kantor yayasan, pagar dan turap di halaman pinggir Sungai Musi. “Kami berharap bantuan dan doa masyarakat agar renovasi ini bisa selesai,” katanya.(lis)

KONTAK INFORMASI
Yayasan Masjid Lawangkidul
Jl Slametriyadi Lr Masjid Lawangkidul
No 1995 Rt 22 Telp (0711)7929306-717007
Rekening Bank Syariah Mandiri
No Rek 0180166669

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: