infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Setiap Pezakat Kantongi NPWZ

Posted by infokito™ pada 22 September 2008

Upaya Badan Amil Zakat (BAZ) Sumsel menghimpun dana zakat, infak dan sedekah di kalangan pejabat daerah, masih terus dilakukan. Dengan merangkul PT Bank Sumsel, BAZ melncurkan Nomor Pokok Wajib Zakat (NPWZ) bagi pezakat (muzaki). Cara online ini dilakukan untuk menimbulkan kepercayaan masyarakat dan sistem pengelolaan zakat menuju arah profesional.

Hal itu dikemukakan Ketua II BAZ Sumsel, Prof Dr Aflatun Muchtar, MA kepada wartawan, Senin (22/9), yang sekaligus menjelaskan rencana kegiatan gebyar zakat yang akan dilaksanakan 24 September 2008 di Gedung Bina Praja Pemprov Sumsel. Menurutnya, dengan NPWZ tersebut, BAZ mendapat data base mengenai jumlah pezakat yang ada di Sumsel.
Untuk tahap awal, menerbitan NPWZ bekerjasama dengan PT Bank Sumsel. Dimana setiap pezakat begitu menyatakan dirinya bersedia menjadi donatur dan menyalurkan zakat, infak dan sedekah via BAZ Sumsel akan diberikan NPWZ. Penyaluran dana bisa dilakukan secara online melalui ATM. Misalnya, nasabah Bank Sumsel yang melakukan transaksi melalui ATM bisa memilih menu yang ada di layar monitor, biasanya di transaksi lain-lain. Jika menu ini di-enter, maka akan tampil layanan zakat, infaq dan sedekah. “Masukan nilai ruangnya dan NPWZ, setelah itu akan diproses dan selesai,” jelas Aflatun.
Layanan zakat sistem online ini, lanjut Aflatun, diharapkan mampu menghimpun dana zakat, sedekah dan infak dari kalangan PNS dengan potensi Rp 300 juta/bulan atau Rp 3,6 miliar/tahun. “BAZ berniat ingin menumbuhkan semangat di kalangan umat bahwa zakat itu adalah sebagai kebutuhan bukan lagi paksaan. Zakat tidak membuat orang jadi miskin” katanya. (M Husin/SRIPO)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: