infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Besok, Sumsel Coblos Gubernur

Posted by infokito™ pada 3 September 2008

Kamis (4/9) besok, warga Sumatera Selatan (Sumsel) untuk pertama kalinya akan memilih gubernur dan wakil gubernurnya secara langsung. Ketua KPUD Sumsel Syafitri Irwan menuturkan, seluruh persiapan menjelang pemilihan gubernur (pilgub), seperti pendistribusian kartu suara,sudah maksimal.

Mengenai masih adanya masyarakat yang tidak terdaftar sebagai pemilih,menurut dia,hendaknya jangan dilihat dari jumlah orang yang tidak terdaftar, tapi berapa jumlah yang sudah terdaftar.

”Itu bukan karena kelalaian KPUD, tapi orang kurang memperhatikannya sehingga tidak terdaftar. Kita sudah lakukan sejak lama dan sudah melalui berbagai tahapan-tahapan,” bebernya.

Syafitri berharap, Pilgub Sumsel, 4 September besok, dapat berlangsung dengan tertib dan lancar. Dia meminta masing-masing tim sukses melihat kepentingan yang lebih besar untuk masyarakat Sumsel, sehingga sekecil mungkin dapat mengurangi gesekan yang dapat menimbulkan kekacauan antar pendukung. 

Sebelumnya, Gubernur Provinsi Sumsel Mahyuddin NS mengatakan, berdasarkan hasil pantauannya di sejumlah daerah di Sumsel, seperti Banyuasin,OKI, dan beberapa daerah lainnya, diketahui situasi sangat kondusif dan pihak penyelenggara siap menggelar pilgub.
”Dari hasil pengamatan masing-masing peserta rapat dan pemantauan yang saya lakukan kemarin, pilgub siap digelar,” ujarnya. Menurut dia, hingga kini seluruh sektor yang terlibat pelaksanaan pilkada telah menyatakan kesiapannya menggelar pencoblosan hingga penghitungan hasil akhir. 

”Dari rapat tadi, seluruh kapolres dan kapoltabes telah diperintahkan kapolda untuk melakukan tindakan pengamanan,” paparnya.

Kapolda Sumatera Selatan Irjen Polisi Ito Sumardi mengungkapkan, untuk mengamankan Pilgub Sumsel besok, pihaknya telah menyiagakan sedikitnya 50.946 personel gabungan TNI,Polri, dan anggota Linmas.

”Lingkup wilayah pengamanan yang terdiri dari 212 kecamatan, 2.980 desa/kelurahan,beserta jumlah TPS yang mencapai 14.576 TPS,sudah diinventarisasi. Ini yang akan kita amankan,” ucap Ito seusai mengikuti rapat koordinasi kesiapan pilgub bersama Gubernur Sumsel dan Pangdam II Sriwijaya di Pemprov Sumsel, Senin (1/9) kemarin. 

Atribut Cagub Masih Bertebaran 

Sementara itu, hingga dua hari masa tenang kemarin, atribut kampanye kedua calon gubernur-calon wakil gubernur masih terpampang di jalan-jalan protokol di Palembang dan sejumlah tempat di wilayah Sumsel. Pantauan SINDO, atribut berupa balon udara bergambar pasangan calon di Jalan Letkol Iskandar hanya ditutupi stiker hitam. 

Atribut kampanye juga masih bertebaran di area Pasar 16 Ilir, Jalan Angkatan 45 dekat flyover, simpang Polda, simpang patal Sako, dan ruko Celentang. Sejumlah spanduk, baliho dan stiker, juga masih terlihat di wilayah Jakabaring dekat Stadion Jakabaring, jembatan-jembatan penyeberangan, dekat Kantor Gubernur Sumsel, dan dekat Kantor Wali Kota Palembang. Pemandangan yang sama juga tampak di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).

Berdasarkan pantauan SINDO kemarin, atribut maupun umbul-umbul pasangan cagub Sumsel H Alex Noerdin di Jalan Yusuf Singadekane, Kelurahan Jua-Jua, Kayuagung, maupun di jalanan Kecamatan SP Padang, hingga kemarin tidak satu pun tim sukses maupun partai pendukung cagub yang berinisiatif menurunkannya. Sementara, atribut bendera dan umbul-umbul pasangan SOHE yang kebanyakan di pasang di jalanan, siang kemarin tampak sedang diturunkan tim independen atau dari kader pendukungnya. 

Hamzah,43, pengurus ranting Kelurahan Jua-Jua, Kecamatan Kota Kayuagung menyatakan, atribut pasangan SOHE tersebut dilepas karena memang sudah masuk dalam tahapan masa tenang sembari menunggu pencoblosan 4 September nanti.

”Dengan dibantu rekan, saya melepaskan semua atribut, baik bendera,umbul-umbul yang terpasang di jalanjalan yang berada di Kelurahan Jua-Jua, dan sekitarnya,” ucap dia. 

Sebelumnya, kata dia, pihaknya memang telah menerima surat dari Panwaslu untuk segera menurunkan ataupun menertibkan segala jenis atribut cagub Sumsel sebelum masa tenang berlangsung. Ketua Panwaslu OKI Herman SH mengaku bingung atas adanya bendera maupun umbul-umbul yang masih berseliweran di jalanan tersebut, apalagi di jalan protokol. Padahal, pihaknya sudah menyampaikan surat pemberitahuan kepada masing-masing partai maupun tim suksesnya untuk segera menurunkan dan membersihkan segala jenis atribut pasangan calon yang diusungnya.

”Ya, kita sudah beri tahu kepada timses dan partai pendukung pasangan cagub untuk membersihkan segala jenis atribut di jalanan. Seharusnya atribut tersebut segera ditertibkan dan tidak harus menunggu dilepaskan secara paksa,” katanya. Dia menegaskan, jika atribut tersebut masih terlihat dan terpasang di jalanan,pihaknya akan melepas paksa dengan dibantu petugas yang ada.

Sementara itu, Ketua Panwaslu Sumsel Ruslan Ismail menjelaskan, atribut yang masih tampak di sejumlah jalan protokol merupakan pelanggaran pilkada, dan Panwaslu sudah memberi rekomendasi kepada KPUD sebagai pelanggaran administrasi untuk ditindaklanjuti. 

”Dari awal sudah kita peringatan agar di masa tenang tidak ada lagi spanduk, baliho atau apa saja yang berbau kampanye. Mereka (kedua pasangan calon) sudah sama-sama dewasa, seharusnya mengerti aturan,” ucapnya saat dihubungi SINDO tadi malam.

Dia menuturkan, pelanggaran penyebaran spanduk bukan saja terjadi di Kota Palembang, melainkan hampir di seluruh kabupaten/- kota.Hal ini merupakan suatu sikap yang kurang pantas dari masing-masing pasangan calon. Ini bukan lagi sekadar imbauan, tetapi sudah masuk dalam kategori pengaduan pelanggaran pilkada. 

Meski tidak ada sanksi tegas, dia yakin permasalahan ini akan mendapat sanksi moral dari masyarakat. ”Saya pikir dua pasang calon itu sama-sama melakukan pelanggaran.Kenyataannya bisa dilihat sendiri,” tuturnya. (sierra syailendra/darfian mj suprana/ hengky chandra agoes/SINDO) 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: