infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Surat Suara Lebih 412.500 Lembar

Posted by infokito™ pada 29 Agustus 2008

Jumlah surat suara pemilukada Sumsel dicetak berlebihan dari kebutuhan yang direncanakan. Jumlah kelebihan mencapai 412.500 lembar. Padahal jumlah yang dibutuhkan adalah sebanyak 5.185.298 lembar yang sudah termasuk kelebihan sebagai cadangan 2,5 persen dari jumlah mata pilih per 5 Agustus 2008, 5.058.827 jiwa.

Kelebihan surat suara tersebut diamankan di Polda Sumsel dengan menggunakan tiga kunci yang masing-masing dipegang oleh Polda Sumsel, KPU Prov Sumsel serta Panwaslu Sumsel. Surat suara yang diamankan tersebut terdiri dari 125 kotak dengan isi masing-masing kotak sebanyak 3.300 lembar.

Kelebihan surat suara itu menjadi perdebatan dalam pertemuan antara KPU Prov Sumsel, Panwaslu Sumsel, Polda Sumsel serta Tim Alex Noerdin-Eddy Yusuf (Aldy) serta Syahrial Oesman-Helmy Yahya (SOHE) di KPU Prov Sumsel, Rabu (27/8).

Kasubag Rumah Tangga KPU Prov Sumsel Amir Syarif dalam pertemuan menjelaskan, kelebihan tersebut karena terjadi perubahan jumah mata pilih yang direncanakan semula. Dalam kontrak pengadaan surat suara yang dilakukan pada KPU Prov Sumsel periode yang lalu, jumlah yang akan dicetak sebanyak 5.363.648 lembar ditambah dengaan kelebihan 234.400 lembar. Total sebanyak 5.598.048 lembar surat suara.

Namun berdasarkan jumlah DPT tanggal 5 Agustus, ternyata jumlah mata pilih berubah 5.058.827 jiwa. Sehingga jumlah surat suara yang dicetak sebanyak 5.058.827 lembar ditambah 2,5 persen kelebihannya sebanyak 126.721. Total yang dicetak sebanyak 5.185.548 lembar.

“Jadi sisanya surat suara sebanyak 412.500 lembar kini ada di Polda Sumsel. Tujuannya dalam rangka pengamanan kelebihan surat suara,” kata Amir.

Ditarik

Dalam pertemuan KPU Prov Sumsel disepakati surat suara yang lebih dan tersimpan di Polda Sumsel akan dihitung kembali di hadapan tim dari masing-masing pasangan calon. Selanjutnya akan diambil langkah-langkah untuk tetap mengamankan surat suara tersebut. Dikhawatir bila masalah kelebihan surat suara tersebut tidak jelas, akan menimbulkan persepsi salah dibelakang hari.

“Barang akan ditarik dan dihitung kembali di KPU Prov Sumsel sebelum diambil langkah-langkah lain,” ujar Ketua KPU Prov Sumsel Syafitri Irwan.

Keputusan tersebut sejalan dengan usulan dari tim sukses masing-masing pasangan. Setelah ditarik ke KPU Prov Sumsel dan dihitung kembali. Namun mereka menambahkan bahwa prosedur penyerahan barang diperbaiki, sebab yang terjadi dalam berita acara penyerahan barang itu terjadi antara pihak percetakan yakni PT Panton Pauh Putra kepada pengawas dari kepolisian.

“Seharusnya seraha diterima dari perusahaan percetakan kepada pihak yang memberi tugas yakni KPU Prov Sumsel,” jelas Agus Sutikno dari tim SOHE yang diperkuat dengan pendapat anggota tim dari pasangan Aldy.

Sedangkan Kabag Bin Ops Karo Ops Polda Sumsel AKBP Sholeh menyatakan setuju barang tersebut keluar dari Polda Sumsel. Terlebih lagi bila cepat diambil tindakan dimusnahkan barang tersebut sehingga tidak menimbulkan persolan di kemudian hari. (sgn/SRIPO)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: