infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Data Bank Dijual Murah di eBay

Posted by infokito™ pada 27 Agustus 2008

Data rekening bank yang diperjualbelikan secara bebas di situs Internet bukanlah hal baru. Namun yang menguatirkan, kejadian ini – walaupun tidak selalu dipublikasikan – semakin sering terjadi. Contoh paling nyata adalah kasus penjualan data rekening bank di eBay yang dijual dengan harga 35 poundsterling saja.

Sebenarnya bukan informasi pribadi yang ditawarkan di eBay itu. Yang dijual adalah sebuah harddisk yang di dalamnya terisi nomor rekening bank, nomor telepon, nama ibu kandung dan tandatangan dari 1 juta nasabah American Express, NatWest dan Royal Bank of Scotland. Beruntung, yang membeli adalah Andrew Chapman, seorang manager TI dari Oxford, dan bukan orang yang bermaksud jahat.

Harddisk tersebut sebelumnya dimiliki oleh lembaga penyimpan data (data archival firm) Graphic Data, yang dimiliki Mail Source. Lalu kok bisa beredar di pasar?

Dalam pernyataannya, Mail Source mengatakan:
“Penyelidikan masih terus berlangsung untuk mengetahui bagaimana perangkat ini bisa keluar dari salah satu lokasi berkeamanan ketat Graphic Data. Kami sangat memperhatikan privasi dan sekuriti data pelanggan. Kejadian ini sangatlah disesalkan dan kami akan mengambil langkah-langkah untuk mengembalikan data dan memastikan bahwa kasus ini tidak terulang lagi.”

Sebentar, sebenarnya susahkah mengambil data tersebut? Berikut jawaban jubirnya:
“Kami tahu karyawan yang mengambil server dan menjualnya, tetapi menurut kami ini hanyalah sebuah kesalahan dan ia tidak bermaksud menjualnya tanpa membersihkan server.”

Nah, bagi Anda yang ingin menjual atau menghadiahkan harddisk seken, berhati-hatilah. Siapa tahu masih ada data penting yang bercokol di sana. Karena itu jangan lupa untuk menghancurkan isi data, antara lain dengan menggunakan Sdelete, sebelum Anda memberikan harddisk yang pernah Anda pakai itu ke pihak lain. (Kompas.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: