infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Foto Itu Kampanye Hitam

Posted by infokito™ pada 24 Agustus 2008

Salah satu Ketua DPP Partai Demokrat, Anas Urbaningrum, berpendapat, pengedaran foto Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan Arthalyta Suryani alias Ayin bisa dimaksudkan sebagai black campaign (kampanye hitam), menjelang Pemilu dan Pilpres 2009.

“Iya, bisa saja itu bertujuan sebagai kampanye hitam kepada SBY. Tetapi kami (Partai Demokrat) yakin, bahwa rakyat sudah cerdas, sehingga tidak akan terpengaruh oleh hal-hal seperti itu,” katanya kepada pers di Jakarta, Kamis (21/8) malam.

Ia mengatakan itu, mengomentari soal foto Yudhoyono menghadiri pernikahan putra Ayin yang kini beredar luas di berbagai kalangan. Padahal, Ayin merupakan pelaku penyuapan terhadap Jaksa Urip Tri Gunawan dalam kaitan perkara Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI). Seperti diketahui Ayin sudah divonis 5 tahun, sedangkan Urip dituntut 15 tahun penjara.

Seperti diberitakan harian ini (Sripo 22/8), foto bersama Ayin dengan SBY dan istri Ani Yudhoyono diperkirakan diambil saat momen hari pernikahan (diduga keluarga dekat Artalyta)
Bagi Anas Urbaningrum, rakyat juga tahu, Presiden Yudhoyono merupakan tokoh yang jujur. “Rakyat tahu itu. SBY adalah Presiden yang jujur, lurus dan tidak korupsi. Bahkan dengan gencar menggencet korupsi di Indonesia,” kata mantan Ketua Umum PB HMI ini.

Sikap SBY inilah, yang menurut dia akan menjawab secara otomatis kampanye hitam, termasuk dengan diedarkannya foto tersebut. “Khusus dalam kasus Ayin, amat jelas, bahwa hukum ditegakkan, sama dengan kasus-kasus hukum yang lain,” ujarnya.
Jadi, kata Anas Urbaningrum, foto itu tidak berarti apa-apa, meskipun sangat mungkin dimaksudkan untuk menyerang SBY.
Tidak Terganggu
Foto-foto Presiden SBY yang sedang menghadiri resepsi perkawinan anak terpidana suap Artalyta Suryani beredar luas. Namun SBY tidak terganggu dengan persoalan itu. “Presiden tidak merasa terganggu, sekarang Presiden menjalankan pemerintahan seperti biasa,” kata Mensesneg Hatta Rajasa.
Hal itu dikatakan pria berambut perak ini usai mengikuti pidato Presiden SBY di hadapan anggota DPD di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (22/8). Lalu bagaimana pendapat Hatta soal foto-foto itu? “Kalau ada yang diundang orang, dalam agama Islam, undangan itu wajib kita hadiri. Masa presiden menghadiri dikaitkan yang tidak-tidak,” tandasnya.
Dua foto yang menggambarkan SBY dan istrinya Ny Ani Yudhonono beredar luas di internet. Di detikforum misalnya, foto tersebut diposting pada 18 Agustus lalu. Foto pertama, memperlihatkan SBY dan Ny Ani Yudhoyono menyalami Artalyta.
Foto kedua, SBY dan Ny Ani berpose bersama pasangan pengantin dan keluarganya termasuk Artalyta. Foto-foto ini kemudian menjadi perbincangan panas.
Bukan Panitia
Setelah foto SBY menghadiri pernikahan anak Artalyta beredar, berbagai kabar tentang kedekatan mereka terus bergulir. Salah satunya, Artalyta disebut pernah menjadi panitia pernikahan putra SBY, Agus Harimurti dengan Annisa Larasati Pohan. Benarkah?

Istana membantah keras kabar tersebut. Juru Bicara Presiden Andi Mallarangeng menyesalkan bergulirnya isu liar tersebut. “Ini sudah keterlaluan, tidak benar berita itu,” tegas Andi kepada pers, Jumat (22/8).
Dalam kesempatan itu, Andi menegaskan kalau panitia acara pernikahan yang diselenggarakan di Istana Bogor, Jawa Barat pada 9 Juli 2005 tersebut hanya dari keluarga SBY serta keluarga besar Istana. “Seperti saya dan Dino (Dino Pati Djalal),” jelas Andi.

Sebelum heboh foto itu, SBY pernah dikabarkan mengenal perempuan yang telah dijatuhi hukuman 5 tahun penjara dalam kasus suap itu. Dalam rekaman KPK yang diputar di sidang Artalyta, perempuan ini mengaku akan menghadiri launching album SBY.

Namun pihak Istana melalui Andi membantah SBY mengenal Artalyta. Setelah foto-foto ini beredar, Andi meralat pernyataannya. “Presiden bisa saja mengenal banyak orang dan dikenal banyak orang. Tapi Presiden tidak bisa mengontrol perilaku setiap orang. Sama seperti saya dan Anda,” kata Andi. (Ant/Dtc)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: