infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Rp 6 Triliun Untuk Sensus Penduduk 2010

Posted by infokito™ pada 21 Agustus 2008

Badan Pusat Statistik (BPS) memperkirakan anggaran yang dibutuhkan untuk pelaksanaan sensus penduduk 2010 yang mencakup seluruh wilayah di Indonesia sekitar Rp5-6 triliun, sehingga survei akan dapat menghasilkan data yang seakurat mungkin.

“Itu anggaran total untuk pembuatan detil dan pelaksanaan sensus penduduk, tapi tidak hanya untuk 2010 karena kita sudah mulai persiapan sejak 2008 sampai selesai proses penghitungan,” kata Sekretaris Utama Bappenas, Subagio Dwijosumono, di Jakarta, Rabu (20/8.

Dijelaskannya, pada tahun-tahun awal ini, pihaknya akan lebih banyak melakukan pelatihan para pencacah dan proyek-proyek pendahuluan.

“Untuk pelaksanaan sensus penduduk 2010 nanti kita butuh sekitar 450.000 pencacah,” katanya.

Mengingat keterbatasan sumber daya manusia BPS yang hanya sekitar 13.000 orang, BPS berencana mempekerjakan mitra-mitra pencacah di luar BPS.

“Yang pasti tidak ada mitra pencacah yang tidak dilatih dulu serta pasti menggunakan pedoman dan `questioner` yang baku,” tambahnya.

Ditambahkannya, mitra pencacah tersebut akan tersebar di seluruh Indonesia dan dari berbagai profesi, termasuk mahasiswa dan ibu rumah tangga. “Siapapun bisa melamar, tapi kita sendiri sudah mempunyai daftar catatan mitra yang ada selama ini,” jelasnya.

Subagio mengatakan, selain sensus penduduk, BPS juga melakukan sensus ekonomi dan pertanian sebagai sensus khusus setiap 10 tahun. Jumlah penduduk Indonesia berdasarkan survei penduduk 2000 sekitar 202 juta penduduk. (Antara)

48 Tanggapan to “Rp 6 Triliun Untuk Sensus Penduduk 2010”

  1. Banyak yg blg kalau bps krjanya tdk valid karna ptgas tatistik jarag trun dlapagan..

    • fitri said

      tanggapan seperti itu salah, petugas BPS dijamin mengambil data dengan sebenar-benarnya yakni turun ke lapangan, termasuk saya sendiri

    • Mohamad Achiruzaman said

      insya Allah turun ke lapangan. saya sendiri turun lapangan

      • saleh yogo santoso said

        mudah2an data yg kita peroleh valid karna disamping kita langsung turun ke lapangan para PCL berasal dri wilayah masing2 yg memungkinkan lebih memahami selik beluk wilayah tersebut.

      • topan said

        setuju…emang pcl harus turun langsung kelapangan dan semoga data yg diterima nanti
        data yang benar dan akurat….selamat bekerja PCL…jangan lupa sebelum pencacahan
        kerjakan listing dulu yah…

  2. RIZKY CAHYAFUDIN said

    saya sebagai mahasiswa akademi statistika akan ikut mensukseskan program sensus penduduk 2010, mengingat sumber daya manusianya sangat terbatas sekali

    • fauzi said

      saya sbgai pemuda indonesia,akn kut serta mnsukseskan SP2010….tpi sya ingin jauh kn korupsi buat honor kami……..

  3. SUDARMINI said

    Saya Anak statistik disalah satu perguruan tinggi negeri dimakassar mau nanya gimana caranya berpartisipasi langsung dalam sensus 2010 nanti

  4. Muhammad Rio N said

    saya mahasiswa statistika UGM ingin berpartisipasi dalam sensus penduduk 2010..
    apa bisa?
    dan bagaimana caranya jika ingin turun dalam sensus penduduk?
    thx

    • fauzi said

      bisa……..asal kan punya modal muka cakep…situ cakep gak…….kalau gak,mending jauh jauh deh…….. gampang,pake tangtop z biar bsa turun k lapangan……

  5. neiska said

    bagi yg ingin ikut terlibat dlm sensus penddk 2010, bs langsung menghub. koordinator statistk dkec. masing2.. atao kntr bps kab/kota dmn anda tinggal.

  6. Sensus penduduk tdk lama lg akan dlaksnkn, smg tman2 ptugas,baik pcl, kortim maupun korlap bs lbh profesional bkrj..

  7. M.Syam said

    SP.2010 bagus untuk merekrut / mengurang pengangguran intelek, daripada ikut demo.

  8. SUKATMIN said

    Kalo boleh tanya , bagi petugas pencacah SP 2010 berapa honornya, kena pajak gak, ada atribut/seragamnya gak ?
    Balas.

    • andi said

      Tul….jgn dalam setiap kab/kota madya…Honor yang diberikan kepada petugas beda2 termasuk banyak bgt suntikannya….hidup pcl dan kortim…………!!!

      • afit said

        ya tuhan ku.smoga org2 yg mkn uang hasil kerja petugas sensus 2010 ini di tmpatkan di neraka lapis trkhir.krna sdh byk potongan2 yg seharusnya tidak trjdi msi aja di sikat.dana yg sdh di anggarkan smpai 3 triliun lbih akn di korupsi olh oknum2 yg tdk brtanggung jwab.kpada bpk jasa bangun mohon kiranya agar dpat mendegar keluh kesal kami para ptugas sensus.dmi jlnnya sp2010 yg bersih dri korupsi.hidup kortim n pcl sulut.

  9. jenk said

    saya seorang wiraswasta ingin bertanya?
    bagai mana cara malakukan sensus yang valid???
    karna saya salah satu onggota sensus (pencacah) yang brada di lampung.

  10. Moris Mondolu said

    Kec.lore utara,kab.poso siap melaksanakan SP2010.sy selaku KSK bersama Kortim dn Pcl siap mensukseskan SP2010 di wilayah kami.

  11. sudiyono said

    sebaikmya sblm susduk ada operasi yustisi kependudukan yang melibatkan aparat gabungan, kemudian para ketua rw dan rt dilinatkan penuh salam sebulan penuh dalam bulan mei 2010 dan diberi uang kehormatan sebesar gaji terendah seorang pns( cuma utk bln mei ) saya yakin hasilnya akan lebih optimal.

  12. ajang kartiwan said

    Om…BPS berapa honor pencacah yang sebenarnya….?

  13. asep hidayat said

    tugas dan tanggung jawab sebagai PCL berat honor pelatihannya Sudah sangat layak kenapa harus diadakan seragam untuk pcl. ID card dan surat tugas adalah sudah merupakan tanda pengenal yang sah. pantau dong dikabupaten kabupaten apakah seragam merupakan ketentuan dari pusat. bukan karena honor pelatihan yang terpotong untuk seragam sebesar Rp 85.000 . tapi hal itu spertinya budaya lama yang harus dihilangkan. saya selaku bagian terkecil dari bps seyakin yakinnya percaya dengan kinerja bps pusat.

  14. hidayatul khoer said

    sy mhsswa inwir indramayu ingin langsung berpartisipasi dalam sensus penduduk 2010.

  15. hidayatul khoer said

    d yg tahu ga, yg sebenarnya honor PCL itu berapa??

  16. Hery said

    Sy seorang pcl di desa di wilayah kab. Indramayu. sy ingin menanyakan berapakah honor utk seorang pcl

    • topan said

      mungkin di setiap daerah berbeda..tapi untuk di daerah saya petugas pcl itu mendapatkan honor sebesar 2,5 juta
      sedangkan kortim 3 jt..

      • fit panto said

        kortim nya 3 jta,pcl nya 2,5.pd wktu listing 300rbu n dgr2 1 mggu pencacahan 400.rbu.syg nya byk potongan2 yg seharusnya tdk terjdi.byk plggaran korupsi dri BPS KAB.n tdk trnsparan nya anggaran kesejahteraan petugas sensus.smoga psan ini bsa smpai ke pusat.n pusat bsa turun lggsg melihat nasib petugas sensus khususnya sulut,kab.minut.kec.kalawat.

  17. eli hadi said

    kita lihat az dulu kerja BPS!!!Emang dr pelatihan kmrn,bnyk konsep statistik kependudukan yg kurang mengena.Contohya konsep statistik kelahiran & kematian dari sensus terakhir(thn 2000-2010)tdk ada dlm materi sensus

  18. ibnu batuta said

    Pa saya seorang petugas pcl di kabupaten cirebon, dan saya mendengar langsung kalau honor pcl akan dipotong oleh ksk sebesar 300.000,- per pcl. potongan itu diluar bea materai, jasa bank dan pph. Katanya dari jumlah honor sebesar 2.300.000,- kami paling akan menerima 1.800.000 san. Pa tolong kalau menginginkan data yang valid dan akurat oknum-oknum yang demikian itu agar ditetibkan

    • topan said

      kalo ada potngan sebesar 300 dari ksk itu hanya akal-akalannya saja, jangan mau di potong,
      karena pcl yg turun kelapangan dan berhadapan langsung dengan warga, sedangkan ksk juga sudah
      memiliki honor tersendiri, bahkan lebih besar dari pcl…..

    • hery said

      sy setuju dgn pndpt mas ibnu jg mas topan. jdi bgimnkh cra qt utk mnggulangi yg ky dmikian itu, soalny trs trng aja di sini jg sm ada wacana yg dmkian

  19. aas said

    Tentang Honorarium ,Pleas,,,Nari Kita berbaik sangka dong.
    Yang saya harapkan adalah, setelah SENDUK ini selesai..Data kependudukan ditiap desa/kelurahan langsung diperbaharui sesuai hasil SENDUK (hasil event yg mahal ini rasanya halal tuk di copy).Hanya ..apakah ada PUSAT memerintahkan demikian ? Klo ada mekanismenya gimana ya ? dan anggarannya beban siapa ?

  20. berapa gaji untuk pcl keseluruhan,,,??
    untk mejaga ada y korupsi d lapangan dan potongan lain y
    agar tdk terjadi kesalah pahaman,,
    tolong d jawab,,mulai dri honor pelatihan,gaji lokal dan gaji pokok

  21. Irawan said

    Apakah ad anggaran operasional u/ pcl coz d t4 saya jarak antara rmh ke rmah sangat jauh,jika ad anggaran operasional dri pusat a/ kabupaten,jika tdk ad maka gajih pcl spt’y g layak

  22. s. maulana said

    saya kortim untuk SP2010..tp hingga saat ini belum juga disodorkan kontrak kerja termasuk 3 orang PCL saya, jadi belum tanda tangan kontrak..kapan seharusnya kontrak itu ditandatngani..??? brp honor pcl dan kortim yang sebenarnya..???

    • andi said

      Sebelum pelatihan yang diberikan calon ptgs sensus seharunsya udah nandatangani kontrak. ti – ti dj bro

  23. fit panto said

    nasib petugas sensus 2010,akn smkin sengsara akibat byknya potongan2 yg tidak wajar dri BPS kab,tdk adanya transparansi jumlah honor petugas sensus,mulai dri pcl,kortim.uang transport yg tdk di sebutkan nominalnya,dll.dri mulai saat platihan aja udah byk potongannya.mulai dri biaya materai,pengginapan yg sbnarnya sdh di anggarkan msi aja di sikat.petugas sensus yg trun pd wktu listhing sbnrnya ada uang jlan 300 rbu,tetapi blm di bayarkan,di tmbah akan adanya potongan honor akhir yg bsa smpai 10%-lbih.petugas sp 2010 harus kompak,jgn mau di bohongi oleh oknum2 yg hanya mau enaknya sendri,sdgkan kami udah mati2an bertugas nda kenal hujan,panas.smpai2 bdan rsanya udah tdk sanggup lgi utk kerja.mohon kiranya dri pusat bsa mndegar n menindak lanjuti keluh kesal kami ptugas2 sensus.

  24. bpk yg terhormat ada beberapa pertanyaan :
    1.apa kah wktu pelatihan di hotel x di jadi kan masalah dan di potong honor pcl?…..

    2.masa bawa sandal hotel di potong honor Rp100000 perpasang sandal???….di wilayah saya

    3.apa kah honor pcl di potong Rp.200000 buat camat,lurah,rw dan rt

  25. wahyu said

    nasib petugas sensus 2010,akn smkin sengsara akibat byknya potongan2 yg tidak wajar dri BPS kab,tdk adanya transparansi jumlah honor petugas sensus,mulai dri pcl,kortim.uang transport yg tdk di sebutkan nominalnya,dll.dri mulai saat platihan aja udah byk potongannya.mulai dri biaya materai,pengginapan yg sbnarnya sdh di anggarkan msi aja di sikat.petugas sensus yg trun pd wktu listhing sbnrnya ada uang jlan 300 rbu,tetapi blm di bayarkan,di tmbah akan adanya potongan honor akhir yg bsa smpai 10%-lbih.petugas sp 2010 harus kompak,jgn mau di bohongi oleh oknum2 yg hanya mau enaknya sendri,sdgkan kami udah mati2an bertugas nda kenal hujan,panas.smpai2 bdan rsanya udah tdk sanggup lgi utk kerja.mohon kiranya dri pusat bsa mndegar n menindak lanjuti keluh kesal kami ptugas2 sensus.

  26. agunk saputra said

    sy yakin sensus penduduk 2010 berjalan dgn baik dan datax konghrit…..

  27. saya ulfah d mksr….

    saya mau nanya…apakah setiap rapat ato pertemuan ada uang rapatx..???

  28. scofield loves sp2010 said

    sp 2010 darah daging sayah lah pokoknamah bray?

  29. kapan honor sensus di Lubuklinggau bisa diterima Kortim dan Pcl ???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: