infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

KPI Tegur Empat Tayangan Televisi

Posted by infokito™ pada 20 Agustus 2008

Empat tayangan televisi mendapat ancaman dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Jika mereka tidak melakukan perbaikan, tayangannya akan dihentikan sementara. Keempat tayangan yang dianggap bermasalah adalah Bleach (Indosiar), Cerita SMA (RCTI), Detektif Conan (Indosiar), dan Naruto (Global TV dan Indosiar).

Hal tersebut diungkapkan Ketua Tim Panelis Peneliti Siaran Arif Rahman di Jakarta, Selasa (19/8). “Kalau sudah tiga kali teguran, siaran akan dihentikan sementara jika tidak ada perbaikan dari stasiun televisi,” katanya.

Ditambahkan, tayangan ini dinilai melanggar Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak karena mengandung unsur kekerasan, tidak sesuai norma kesopanan dan kesusilaan, tidak melindungi kepentingan anak dan remaja, dan tidak menampilkan klasifikasi penggolongan tayangan berdasarkan usia penonton.

Seharusnya, menurut Arif, isi siaran harus mengandung pendidikan, informasi, dan hiburan. “Orang selalu melihat film animasi atau kartun sebagai film untuk anak. Padahal, belum tentu karena banyak yang menampilkan kekerasan,” tuturnya.

Tim panelis menilai, 84 judul tayangan anak dan remaja dari 316 episode yang disiarkan sembilan stasiun televisi dari tanggal 14 sampai dengan 31 Juni 2008. Sebanyak 18 judul diantaranya sinetron, 19 judul variety show, dan 47 judul program acara anak.

Di samping itu, KPI sedang memantau dua film animasi atau kartun, yakni Tom and Jerry dan Popeye yang dikategorikan sebagai lampu merah pengawasan. Idola Cilik yang tayang di RCTI juga diawasi. Pasalnya, menurut Arif, tayangan Idola Cilik mempunyai jam tayang yang panjang. Selain itu, tayangan tersebut juga sering menampilkan ejekan terhadap presenter. Ejekan ini jadi bahan candaan di kalangan anak-anak.

“Memang sudah ada perbaikan, seperti mereka tidak menyanyikan lagu dewasa dan kecenderungan lagu anak-anak yang dinyanyikan. Namun, kita tetap melakukan pemantauan,” Arif menegaskan. (Kompas.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: