infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Lapas Tanjung Raja Over Kapasitas

Posted by infokito™ pada 19 Agustus 2008

Sekitar 800 orang yang sejak setahun terakhir telah Menghuni Lembaga Pemasyarakat (Lapas) Kelas II Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir (OI). Padahal idealnya kapasitas Lapas ini cukup dihuni 300 orang.

Menurut Kepala Lapas Tanjung Raja Drs Miskam BcIP MH di sela-sela kegiatan pemberian remisi 17 Agustus 2008 bagi narapidana di Lapas Tanjung Raja Kabupaten OI. Hadir pada acara tersebut Bupati OI, Ir H Mawardi Yahya, Sekda Pemkab OKI Drs HM Amin Jalalen, para unsur muspida, sejumlah pejabat dilingkungan Pemkab OI dan OKI serta puluhan undangan lainnya.

Meningkatnya penghuni penjara ini berarti kinerja aparat penegak hukum di wilayah hukum Polres OKI dan OI cukup baik. Namun di sisi lain, tempat penampungan Lapas Tanjung Raja menimbulkan masalah karena terjadi over kapasitas hingga 150 persen.

“Karena tahun lalu masih normal sekitar 300 orang tapi sekarang mencapai 800 penghuni,” kata Miskam sambil menambahkan Pemkab OI dan OKI agar dapat memberikan solusi dalam rangka menempatkan para penghuni Lapas Tanjung Raja ini. Karena dengan penghuni lapas 800 orang yang terdiri dari tahanan dan narapidana ini membuat kinerja petugas lapas tidak maksimal. Karena memaksa di setiap blok tahanan dihuni minimal 10 orang lebih.

Terkait dengan pemberian remisi 17 Agustus 2008 di Lapas Tanjung Raja ini, terdapat 19 narapidana yang mendapat remisi bebas dan 374 mendapat remisi bulanan. Bagi narapidana yang mendapat remisi bebas ini masing-masing diberikan santunan dana Rp 200 ribu dari Pemkab OI dan Rp 200 ribu dari Pemkab OKI. Santunan juga diberkan Pemprov Sumsel. (ono/SRIPO)

Satu Tanggapan to “Lapas Tanjung Raja Over Kapasitas”

  1. bobi said

    pak tlg dintindak lanjuti aparat bapak yang sering minta uang 86 sama napi….dimana prikemanusiaannya? sedangkan orang sudah susah masih aja disusahin, tolong pak keadilan selagi bapak masih bertugas disana.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: