infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Pemkab OKU akan Rekrut 411 CPNS

Posted by infokito™ pada 10 Agustus 2008

Pemerintah Kabupaten OKU mendapat jatah 411 calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2008 untuk direkrut. Rencananya, penerimaan CPNS akan dilaksanakan akhir September mendatang. Adapun formasi CPNS yang akan direkrut, terdiri dari 301 CPNS untuk formasi umum dan 110 CPNS lainnya khusus bagi tenaga honorer yang tercantum dalam database Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dan sekretaris desa (sekdes).

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten OKU Lahmudin menyebutkan, khusus formasi umum, mayoritas CPNS yang dibutuhkan adalah tenaga guru sebanyak 186 CPNS, 67 tenaga kesehatan, dan 48 tenaga teknis. “Sedangkan untuk tenaga honorer akan direkrut 76 CPNS dan 34 sekdes,” kata Lahmudin di Baturaja.

Jumlah alokasi kebutuhan PNS yang diajukan Pemkab OKU, kata dia, sebenarnya lebih sedikit jika dibandingkan usulan kebutuhan CPNS OKU pada 2008 yakni 595. “Tapi hasil rapat koordinasi dengan Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara (PAN) dan BKN memutuskan OKU mendapat jatah 411 CPNS dari 300.000 CPNS yang akan direkrut secara nasional,” ujarnya.

Untuk alokasi kebutuhan CPNS formasi umum, BKD meminta kepada satuan kerja pelaksana daerah (SKPD) untuk segera mengusulkan kebutuhan akan CPNS yang sangat mendesak diperlukan sesuai keperluan organisasi.

Kepala Bidang Pengangkatan, Mutasi, dan Pemberhentian BKD OKU Hakim Makmun menyebutkan, mereka yang akan direkrut kemungkinan yangberijazahdiplomatiga(D- 3) dan strata satu (S-1).Sebagai contoh, penerimaan pada tahun sebelumnya, untuk tenaga kesehatan, sebelumnya pemerintah telah menyaratkan lulusan D-3 hingga S-1. (jimmy octa harto/SINDO)

16 Tanggapan to “Pemkab OKU akan Rekrut 411 CPNS”

  1. Ida Aprianti berkata

    terima kasih atas dukungan pengrekrutan CPNS ini, mudah mudahan bisa mengurangi angka penganguran saat ini. terutama bagi saya sendiri bisa mengikutinya.

  2. yunce berkata

    Terimakasih kepada Pemkab OKU yang akan merekrut CPNS 411.
    moga Kab.OKU tambah maju aja’ dengan bertambahnya tenaga2 kerja baru di samping mengurangi jumlah pengangguran.

  3. opan berkata

    informasi mengenai tenaga kerja
    jurusan Teknik Survey & Pemetaan Sebagai Kebutuhan Untuk Pembangunan Daerah

    Latar Belakang

    Menghadapi era globalisasi dan otonomi daerah, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang sangat pesat di seluruh belahan bumki pada umumnya, di wilayah Indonesia pada khususnya. Hal ini menuntut banyak faktor, dan sering kali harus tersedia secara simultan. Sebut saja adanya kebutuhan akan fasilitas teknologi tertentu yang harus disertai dengan tenaga pengguna (operator) yang baik.
    Dengan adanya tuntutan penerapan teknologi yang efektif dan efisien, tidak dapat dipungkiri bahwa di wilayah propinsi yang baru berkembang, misalnya Propinsi Kepulauan Bangka Belitung, terdapat kebutuhan Sumber Daya Manusia (human resources) yang berkualitas, mau bekerja keras serta bertanggung jawab agar kemajuan dan perkembangan wilayah dapat progresif dan signifikan.

    Teknologi Survey dan Pemetaan untuk Pengembangan Wilayah

    Dalam tatanan manajemen umum, perencanaan memegang peranan yang sangat penting. Sudah diketahui secara luas bahwa apabila kita dapat merencanakan suatu kegiatan dengan baik sebelum melaksanakannya maka sesungguhnya kita telah menyelesaikan 50 % (lima puluh persen) atau setengah dari pekerjaan itu.
    Pertumbuhan dan perkembangan berbagai sektor di tiap-tiap wilayah tidaklah sama adanya, namun kerap kali memiliki unsur-unsur dasar yang tidak banyak berbeda. Sehingga meskipun metode perencanaan pembangunan satu daerah bisa jadi berbeda dengan daerah lain, tetapi prinsip dasarnya bisa jadi sama. Merencanakan pembangunan dan perkembangan suatu wilayah biasanya tidaklah jauh dari cara pandang kita terhadap daerah / wilayah / ruang dalam arti yang sesungguhnya, yaitu tanah, air, dan udara. Maka, agar pembangunan dapat bergerak dengan progresif seiring tuntutan era globalisasi, teknologi di bidang Survey dan Pemetaan harus diberi kesempatan untuk mendukung peran penting ini.
    Kebutuhan Bagi Para Pihak

    Meski belum terdengar umum, namun di lingkungan Instansi Pemerintah maupun non pemerintah terdapat kebutuhan tenaga Teknik Survey dan Pemetaan yang berkualitas dan profesional yang menguasai teknologi survey pemetaan yang semakin canggih yang berbasis Sistem Informasi Geografis (GIS), karena dengan telah dilakukannya survey dan pemetaan wilayah dengan baik dan lengkap, maka pemegang jabatan pengambil keputusan (eksekutif) maupun stake holder lainnya, dapat mengenal baik wilayah itu sebelum merencanakan atau mengambil langkah-langkah penting maupun rutin.
    Salah satu sumber daya manusia yang tersedia untuk itu adalah para lulusan Diploma III Teknik Survey dan Pemetaan yang merupakan ahli madya yang memiliki kemampuan sebagai operator teknolgi survey dan pemetaan. Mereka bukan pengambil keputusan atau pembuat perencanaan, tetapi menyediakan data yang baik bagi para pengambil keputusan. Lebih lanjut, mereka akan menyediakan data yang up-to-date sehingga dapat merencanakan dan mengambil keputusan dengan akurat, meminimalisir tingkat kesalahan.
    Sebagai contoh, instansi dibidang pertanahan membutuhkan mereka untuk pemetaan bidang-bidang tanah yang belum terdaftar (belum bersertifikat); instansi di bidang Pajak Bumi dan Bangunan membutuhkan mereka untuk pemetaan luas dan letak bidang-bidang tanah yang berkaitan dengan penetapan Nilai Jual Objek Pajak; Badan Perencanaan Pembangunan Daerah membutuhkan mereka untuk survey dan perencanaan pembangunan infrastruktur kota, dll; Dinas Kesehatan membutuhkan mereka untuk pemetaan sarana dan prasarana kesehatan guna memudahkan untuk perencanaan pembangunan sarana dan prasarana kesehatan, juga pemetaan penyebaran penyakit (Bio medical map); Dinas Pendidikan membutuhkannya untuk pemetaan sarana dan prasarana pendidikan (jumlah bangunan dalam kondisi baik dan yang rusak guna memudahkan untuk perencanaan pembangunan sarana dan prasarana pendidikan); Badan Pengendalian Dampak Lingkungan juga membutuhkan mereka untuk dapat melakukan survey dan memetakan wilayah kerjanya sesuai dengan kondisi lingkungan yang diawasi; para profesional yang berkerja sebagai relawan (volunteer) dalam banyak non govermental organisation lokal maupun internasional sering berbagi informasi data spasial (peta) dalam bentuk digital, untuk memudahkan mereka melakukan tugas-tugas operasional sosial, sehingga jika suatu daerah tidak menyediakan sumber daya manusia yang mampu mengoperasikan teknologi sehubungan Survey dan Pemetaan akan mempersulit kinerja banyak pihak.
    Hal ini tidak menuntut anggaran yang banyak seperti yang sering disalah mengerti oleh banyak pihak sehubungan dengan penggunaan teknologi. Memang fasilitas berteknologi tinggi sering kali bernilai tinggi pula. Tetapi, dengan menyediakan sumber daya manusia yang berkualitas yang mampu mengoperasikannya dengan baik, akan membuat fasilitas itu long-time-durable, menghemat biaya perawatan, berfungsi dengan efektif dan efisien.

    Kesimpulan

    Dapat dilihat bahwa hampir semua Instansi Pemerintah maupun Non Pemerintah membutuhkan teknologi Survey dan Pemetaan untuk menunjang kegiatan tugas pokok dan fungsinya. Kata kuncinya adalah kebutuhan. Maka, sudah seyogianya disediakan sumber daya manusia yang berkualitas, berpengalaman, dan menguasai bidang survey dan pemetaan tersebut, agar pembangunan daerah berlangsung dengan sistematis, progresif,dan berbasis teknologi, seiring tuntutan zaman.

    disusun : sophan setiawan, A.Md, email. setiawanupi@yahoo.com
    tempat/tgl lahir : palembang, 29/01/1982
    pendidikan : D3 Survey Pengukuran dan Pemetaan (sekolah tinggi teknologi palembang)
    keahlian : Surveyor dan GIS
    pengalaman kerja selama 5 tahun di proyek instansi pemerintah maupun swasta,
    meliputi pekerjaan pengukuran dengan alat thedolit, Waterpass, Total Station, GPS, dan pekerjaan pemetaan dengan sistem Informasi Geografis (GIS)
    hp. 081532147048

    harapan saya dibuka formasi rekrutment CPNS thn 2008 untuk jurusan D3 survey pemetaan tersebut, tolong dikabari kalau ada formasi tersebut lewat sms or email, makasih

  4. zoelchart berkata

    wah peluang jadi PNS lagi..semoga cepat terlaksana

  5. Liwell berkata

    terima kasih pemkab OKU, semoga membutuhkan tenaga teknis Departemen Perikanan dan Kelautan, supaya saya bisa ikut tes dan pulang kampung….

  6. Liwell berkata

    kalo ada infonya tolong dong kirim ke emailku karindangliwell@yahoo.com
    081326063633. thanks bgt

  7. Hendra berkata

    Pak cak mano dengan SK 2005 yang belum masuk data base apo ado harapan? Tolong nian pak beri kesempatan kami untuk diangkat jadi CPNS…

  8. ibunk berkata

    JANGAN MUDAH BAE TRIMO2 WONG JADI PEGAWAI LUR, GEK NASIBNYO TEKATUNG2 DATADULU YANG HONOR JADIKELAH PNS AMEN MASIH ADA JATAH BARU TRIMO YANG BARU, GEK CUMA NAK BUAT ALASAN PARA PENJABAT BAE KARENO ANAKNYA, DULURNYA DAK MASUK HONOR BUKAN PENERIMAAN PNS CUMO KEDOK NAK MASUKKE KRONI BAE SEMENTARA LA YANG HONOR TAHUNAN, PULUHAN TAHUN NASIBNYA TETEP BAE DANK KATEK KEPASTIAN. cAK MANO LAGI YO MUMPUNG TUBUK LAGI JABAT, ADO KESEMPATAN EMBAT COI

  9. Anang berkata

    Alhamdullih bisa ikut tes lagi muda2an kali ni merubah nasb bg yg lulus terutama i

  10. ill berkata

    Bener, yang baru lulus jugo kasih kesempatan…..terutama untuk yang umum.. nak honor katek wong dalem

  11. anang berkata

    cakmano yg lah honor lamo cak ndai 2003 tapi lum masuk database bkd? tlg aman ada info cpns lgn krim k alamat tks sblmya

  12. amirul berkata

    Terima kasih pemkab OkU…………….
    Demi mengurangi pengangguran di OKU prioritaskan putra daerah….

  13. amirul berkata

    Tapi ngomong-ngomong kapan yo penerimaanyo..???ini baru sebatas rencano, mohon informasinyo kalo sudah mulai test penerimaan..
    thanks

  14. Ilham berkata

    kami bersyukur karena akan ada penerimaan cpns lagi, tapi harapan kami tolong dibuka formasi teknik geologi, karena daerah oku sendiri sangat melimpah sumber daya alamnya baik minyak maupun batubara dan yang lainnya.maka ini dinas pertambangan harus mempunyai ahli geologi ini.

  15. Ilham berkata

    yth Kepala Ditamben
    Dimohon kiranya dapat mengusulkan Jurusan Teknik Geologi
    untuk formasi tahun ini,trima kasih

  16. yana berkata

    tolong untuk jurusan teknik sipil dan fkip fisika diperbanyak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 36 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: