infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Palembang Dapat Jatah 606 PNS

Posted by infokito™ pada 6 Agustus 2008

Ini kabar baik bagi warga Kota Palembang. Dalam waktu dekat, Pemerintah Kota Palembang akan merekrut sedikitnya 606 calon pegawai negeri sipil (CPNS).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang Marwan Hasmen yang dihubungi SINDO tadi malam mengatakan, dia baru saja kembali dari Jakarta menerima undangan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara (Menneg PAN) Taufiq Effendi mengenai pembagian jatah PNS.

Dalam pembahasan tersebut, lanjut Marwan, Kota Palembang mendapatkan jatah 606 PNS, dengan rincian 353 untuk umum dan 253 untuk tenaga honorer. Khusus tenaga honorer, akan diprioritaskan yang telah masuk database Badan Kepegawaian Negara (BKN). Bila belum, maka untuk sementara tidak dapat diterima pada tahun ini.

Menurut dia, mengenai waktu penerimaan, belum ditentukan kapan waktu yang tepat termasuk formasi yang bakal diterima. Sebab, sifatnya masih menunggu petunjuk teknis (juknis) dari Kementerian PAN dan BKN.

”Mengenai formasi untuk umum masih kita lihat lagi kebutuhan Kota Palembang,” ujarnya kepada SINDO tadi malam. Namun, kata dia, dengan penambahan jumlah PNS, secara otomatis anggaran gaji bagi pegawai akan membengkak.

Diperkirakan pemkot akan mengeluarkan sekitar Rp40 miliar. Seperti diketahui, tahun ini Kementerian PAN akan mengalokasikan 250.000 formasi PNS untuk pemerintahan provinsi dan kabupaten/kota, serta 50.000 formasi untuk pemerintahan pusat.

Untuk pelamar umum tahun ini sekitar 217.000 formasi. Sisanya, 83.000 formasi dialokasikan untuk pemenuhan kebutuhan tenaga honorer di pusat dan daerah yang dibagi lagi menjadi 17.000 formasi untuk tenaga honorer di instansi pusat dan 68.000 formasi untuk tenaga honorer di daerah.

”Jumlah tenaga honorer yang kita terima 920.702 orang. Sisanya yang belum diselesaikan 163.565. Tahun ini, akan diselesaikan 83.000 dan tahun depan 83.565,” ujar Taufiq Effendi belum lama ini.

Sementara itu, Kepala BKD Kota Palembang MY Badaruddin menjelaskan, di Kota Palembang sendiri, selain membutuhkan tenaga kesehatan dan guru, juga dibutuhkan tenaga teknis lainnya, misalkan di bidang akuntansi atau teknik elektro.

Pasalnya, tahun lalu Palembang hanya mendapat jatah 6 kursi bagi pelamar umum dan sisanya diprioritaskan untuk tenaga kesehatan. (siera syailendra/SINDO)

9 Tanggapan to “Palembang Dapat Jatah 606 PNS”

  1. dini said

    mohon informasi waktu penriaan cpns

  2. widi said

    mohon,info waktu penerimaan CPNS beserta formasi. Apakah ada untuk kesehatan masyarakat?

  3. Risal Ardika, SP said

    mohon informasi lowongan cpns kabupaten banyuasin??

  4. Sophan said

    Informasi mengenai tenaga kerja
    Jurusan Teknik Survey & Pemetaan Sebagai Kebutuhan Untuk Pembangunan Daerah

    Latar Belakang

    Menghadapi era globalisasi dan otonomi daerah, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang sangat pesat di seluruh belahan bumki pada umumnya, di wilayah Indonesia pada khususnya. Hal ini menuntut banyak faktor, dan sering kali harus tersedia secara simultan. Sebut saja adanya kebutuhan akan fasilitas teknologi tertentu yang harus disertai dengan tenaga pengguna (operator) yang baik.
    Dengan adanya tuntutan penerapan teknologi yang efektif dan efisien, tidak dapat dipungkiri bahwa di wilayah propinsi yang baru berkembang, misalnya Propinsi Kepulauan Bangka Belitung, terdapat kebutuhan Sumber Daya Manusia (human resources) yang berkualitas, mau bekerja keras serta bertanggung jawab agar kemajuan dan perkembangan wilayah dapat progresif dan signifikan.

    Teknologi Survey dan Pemetaan untuk Pengembangan Wilayah

    Dalam tatanan manajemen umum, perencanaan memegang peranan yang sangat penting. Sudah diketahui secara luas bahwa apabila kita dapat merencanakan suatu kegiatan dengan baik sebelum melaksanakannya maka sesungguhnya kita telah menyelesaikan 50 % (lima puluh persen) atau setengah dari pekerjaan itu.
    Pertumbuhan dan perkembangan berbagai sektor di tiap-tiap wilayah tidaklah sama adanya, namun kerap kali memiliki unsur-unsur dasar yang tidak banyak berbeda. Sehingga meskipun metode perencanaan pembangunan satu daerah bisa jadi berbeda dengan daerah lain, tetapi prinsip dasarnya bisa jadi sama. Merencanakan pembangunan dan perkembangan suatu wilayah biasanya tidaklah jauh dari cara pandang kita terhadap daerah / wilayah / ruang dalam arti yang sesungguhnya, yaitu tanah, air, dan udara. Maka, agar pembangunan dapat bergerak dengan progresif seiring tuntutan era globalisasi, teknologi di bidang Survey dan Pemetaan harus diberi kesempatan untuk mendukung peran penting ini.
    Kebutuhan Bagi Para Pihak

    Meski belum terdengar umum, namun di lingkungan Instansi Pemerintah maupun non pemerintah terdapat kebutuhan tenaga Teknik Survey dan Pemetaan yang berkualitas dan profesional yang menguasai teknologi survey pemetaan yang semakin canggih yang berbasis Sistem Informasi Geografis (GIS), karena dengan telah dilakukannya survey dan pemetaan wilayah dengan baik dan lengkap, maka pemegang jabatan pengambil keputusan (eksekutif) maupun stake holder lainnya, dapat mengenal baik wilayah itu sebelum merencanakan atau mengambil langkah-langkah penting maupun rutin.
    Salah satu sumber daya manusia yang tersedia untuk itu adalah para lulusan Diploma III Teknik Survey dan Pemetaan yang merupakan ahli madya yang memiliki kemampuan sebagai operator teknolgi survey dan pemetaan. Mereka bukan pengambil keputusan atau pembuat perencanaan, tetapi menyediakan data yang baik bagi para pengambil keputusan. Lebih lanjut, mereka akan menyediakan data yang up-to-date sehingga dapat merencanakan dan mengambil keputusan dengan akurat, meminimalisir tingkat kesalahan.
    Sebagai contoh, instansi dibidang pertanahan membutuhkan mereka untuk pemetaan bidang-bidang tanah yang belum terdaftar (belum bersertifikat); instansi di bidang Pajak Bumi dan Bangunan membutuhkan mereka untuk pemetaan luas dan letak bidang-bidang tanah yang berkaitan dengan penetapan Nilai Jual Objek Pajak; Badan Perencanaan Pembangunan Daerah membutuhkan mereka untuk survey dan perencanaan pembangunan infrastruktur kota, dll; Dinas Kesehatan membutuhkan mereka untuk pemetaan sarana dan prasarana kesehatan guna memudahkan untuk perencanaan pembangunan sarana dan prasarana kesehatan, juga pemetaan penyebaran penyakit (Bio medical map); Dinas Pendidikan membutuhkannya untuk pemetaan sarana dan prasarana pendidikan (jumlah bangunan dalam kondisi baik dan yang rusak guna memudahkan untuk perencanaan pembangunan sarana dan prasarana pendidikan); Badan Pengendalian Dampak Lingkungan juga membutuhkan mereka untuk dapat melakukan survey dan memetakan wilayah kerjanya sesuai dengan kondisi lingkungan yang diawasi; para profesional yang berkerja sebagai relawan (volunteer) dalam banyak non govermental organisation lokal maupun internasional sering berbagi informasi data spasial (peta) dalam bentuk digital, untuk memudahkan mereka melakukan tugas-tugas operasional sosial, sehingga jika suatu daerah tidak menyediakan sumber daya manusia yang mampu mengoperasikan teknologi sehubungan Survey dan Pemetaan akan mempersulit kinerja banyak pihak.
    Hal ini tidak menuntut anggaran yang banyak seperti yang sering disalah mengerti oleh banyak pihak sehubungan dengan penggunaan teknologi. Memang fasilitas berteknologi tinggi sering kali bernilai tinggi pula. Tetapi, dengan menyediakan sumber daya manusia yang berkualitas yang mampu mengoperasikannya dengan baik, akan membuat fasilitas itu long-time-durable, menghemat biaya perawatan, berfungsi dengan efektif dan efisien.

    Kesimpulan

    Dapat dilihat bahwa hampir semua Instansi Pemerintah maupun Non Pemerintah membutuhkan teknologi Survey dan Pemetaan untuk menunjang kegiatan tugas pokok dan fungsinya. Kata kuncinya adalah kebutuhan. Maka, sudah seyogianya disediakan sumber daya manusia yang berkualitas, berpengalaman, dan menguasai bidang survey dan pemetaan tersebut, agar pembangunan daerah berlangsung dengan sistematis, progresif,dan berbasis teknologi, seiring tuntutan zaman.

    disusun : sophan setiawan, A.Md, email. setiawanupi@yahoo.com
    tempat/tgl lahir : palembang, 29/01/1982
    pendidikan : D3 Survey Pengukuran dan Pemetaan (sekolah tinggi teknologi palembang)
    keahlian : Surveyor dan GIS
    pengalaman kerja selama 5 tahun di proyek instansi pemerintah maupun swasta,
    meliputi pekerjaan pengukuran dengan alat thedolit, Waterpass, Total Station, GPS, dan pekerjaan pemetaan dengan sistem Informasi Geografis (GIS)

    harapan saya dibuka formasi untuk rekrutment CPNS thn 2008 untuk jurusan D3 survey pemetaan tersebut

  5. yudi said

    pak gimana cra jadi honorer di pemkot palembang mohon informasinya….

  6. MR X said

    ass, pak kira-kira ada tidak CPNS tahun 2008 ini untuk anak SMK jurusan Akuntansi. Kita tahu sendiri bahwa akuntansi sangat diperlukan di dalam mengelola keuangan pemerintahan. Tolong Bapak/ibu dengan sangat direkrut anak SMK akuntansi pada penerimaan CPNS tahun ini. Memang saya mengerti, pemerintah lebih suka merekrut lulusan sarjana, tetapi apakah pemerintah tega melihat anak SMK jurusan Akuntansi yang memiliki potensi tidak bisa melanjutkan kuliah bahkan untuk mencari kerja saja susah. Itu semua disebabkan oleh banyaknya dukungan orang dalam. Saya pinta dengan sangat tolong penerimaan CPNS tahun ini bersih dari KKN. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

  7. MR X said

    BAGAIMANA KALAU SAYA USUL KEPADA PEMERINTAH PROV SUMSEL ATAU PEMKOT PALEMBANG, TOLONG REKRUT ANAK SMK JURUSAN AKUNTANSI, BILA PERLU BUAT SEKOLAH AKUNTANSI KHUSUS DI PALEMBANG, JADI PEMKOT PALEMBANG TIDAK SUSAH MENCARI PAKAR AKUNTANSI. DI JURUSAN LAIN SAJA DIDIRIKAN SEKOLAH KHUSUS SEPERTI BLPT YANG MENAMPUNG ANAK DARI JURUSAN MESIN, LISTRIK, ELEKTRONIK.MENGAPA DARI JURUSAN AKUNTANSI TIDAK ADA SEKOLAH ATAU TEMPAT UNTUK MENAMPUNGNYA?(LAIN DENGAN STAN) SAYA MOHON DENGAN SANGAT KEPADA PEMKOT PALEMBANG DAN KKHUSUSNYA PEMPROV SUMSEL DIDIRIKAN SEKOLAH KHUSUS AKUNTANSI

  8. iwan setiawan said

    ass….pak saya iwan saya skrng bekerja di salah satu perusahaan swasta di palembang,yaitu diperusahaan PT.SBA Wood Industries Sinarmas Forestry Palembang,jabatan saya sekarang sebagai survey pemetaan di perusahaan ditempat saya bekerja sekarang.
    saya mau nanya……..saya kan tamatan SMA bisa nggak saya ikut dalam tes PNS untuk survey pemetaan dengan mengandalkan pengalaman kerja sya yang sdh empat tahun bekerja diperusahaan swasta……klu bisa jd honornya juga nggak pa2….

  9. nina said

    kapan peneriman pns d mulai????????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: