infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Proyek Jalan Dinas PU Baru Terealisasi 50%

Posted by infokito™ pada 5 Agustus 2008

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palembang mendesak Dinas Pekerjaan Umum segera merealisasikan pelaksanaan kegiatan perbaikan dan peningkatan jalan. Apalagi, Pemerintah Kota (Pemkot) sudah menganggarkan dana Rp60,8 miliar dari APBD Kota Palembang tahun 2008.

Pasalnya, hingga kemarin (4/8), dari 331 kegiatan perbaikan dan peningkatan jalan, baru terealisasi sekitar 50% dari total panjang jalan 747,922 km. Ketua Komisi III DPRD Kota Palembang Ilyas Hasbullah meminta Dinas PU menghubungi kontraktor pemenang tender untuk segera bekerja.

“Kita juga meminta PU mengingatkan kontraktor yang belum bekerja agar memulai pekerjaannya sebagai tahap awal,” ujar Ilyas kemarin. Dia berpendapat, sebenarnya permasalahan kontraktor yang belum memulai pekerjaan ini tidak perlu terjadi bila para kontraktor pemenang tender tersebut profesional.

Pihaknya khawatir, bila tidak segera dimulai, pekerjaan itu tidak akan selesai tepat waktu. Sehingga akhirnya mengganggu kualitas pekerjaan karena waktu pengerjaan yang singkat. Soal adanya papan nama kegiatan proyek yang tidak lengkap, secepatnya harus dilengkapi Dinas PU, seperti nama perusahaan yang mengerjakan, panjang dan nilai proyeknya, serta waktu pengerjaan, agar semua masyarakat mengetahuinya.

Anggota DPRD Kota Palembang dari Partai Demokrat Mulyadi mengatakan, masyarakat saat ini sudah menunggu realisasi proyek Dinas PU. Pekerjaan juga harus sesuai usulan masyarakat, jangan dikurangi.

“Kita minta pengerjaan sesuai usulan masyarakat,” ujarnya tegas. Dia mengharapkan masyarakat ikut mengawasi pelaksanaan proyek, terutama ketua RT. Dengan begitu, pekerjaan yang dihasilkan dapat sesuai dengan harapan. Namun, bila tidak berjalan semestinya, segera dilaporkan.

Pantauan SINDO, salah satu lokasi kegiatan yang belum dimulai pengerjaannya, yakni peningkatan Jalan Panca Usaha RT 49, Kelurahan 5 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu I.

Menurut Ketua RT 49 H Kamil Kamal, sejak papan merek dipasang pada Mei lalu, sampai sekarang belum ada tanda-tanda jalan tersebut akan dikerjakan.

“Jalan yang akan dibangun, menurut informasi kontraktor, sepanjang 345 meter dengan lebar 4 meter cor beton. Tetapi, sampai sekarang belum jelas realisasinya,” ungkap Kamil. Bahkan, papan merek yang terpasang tidak ada nama kontraktor, nilai proyek, dan keterangan penting lain.

Sementara itu, Kepala Dinas PU Kota Palembang Kira Tarigan mengakui ada beberapa kegiatan yang terlambat dimulai. Namun, pihaknya sudah memanggil dan mengingatkan kontraktor tersebut agar segera bekerja.

“Kita sudah mengingatkan mereka untuk mulai bekerja. Sebagian mengaku terhambat karena masalah semen dan keterbatasan dana,” tuturnya.

Namun, dia berjanji segera mengatasi masalah ini dengan mengingatkan kontraktor akan komitmennya. Selain itu, pihaknya akan terus melakukan pemantauan. (muhlis/SINDO)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: