infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Tren Golput Makin Meningkat

Posted by infokito™ pada 3 Agustus 2008

Sosiolog Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, Dr Heru Nugroho mengatakan hasil pilkada di beberapa wilayah Indonesia menunjukkan trend meningkatnya jumlah yang tidak memilih (golput). “Tingginya tingkat golput ini sejalan dengan kecendrungan semakin melemahnya tingkat kepercayaan masyarakat kepada parpol. Hasil survey itu tercermin dari  ketidakpercayaan masyarakat terhadap wakil-wakil parpol di DPR,” katanya  kepada para wartawan di Wisma Inayah, kemarin (2/8).

Menurut Heru, parpol sebagai lembaga yang melakukan reqruitment anggota perlemen, menjadi aktor utama sistem demokrasi di Indonesia semakin tidak dipercaya. Kesetiaan mereka terhadap beberapa partai juga melemah. Parpol juga dianggap tidak berpihak kepada rakyat.

“Kecendrungan parpol yang tidak serius membendung kebijakan yang tidak pro rakyat seperti kenaikan BBM, menjadi hal penting. Wakil-wakil parpol pun dianggap memiliki andil besar menggolkan UU yang justru menambah derita rakyat,’’ katanya

Dikatakan Heru, kecendrungan golput bisa jadi menunjukkan kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap sistem demokrasi semakin menurun. Proses politik seperti pilkada dapat juga dianggap tidak memberikan kebaikan kepada masyarakat. Di samping biaya demokrasi yang mahal, konflik horizontal akibat kisruh pilkada yang dapat mengancam kestabilan di tengah masyarakat.

Dijelaskannya, kecenderungan penggunaan kekuatan politik uang sangat kental pada parpol di Indonesia. Berbeda halnya dengan di Amerika dimana sebuah parpol mengajukan anggotanya menjadi pemimpin atau anggota parlemen didasarkan pada track record.

“Jika banyak pemilih yang golput, legitimasi pemerintahan yang dipilih oleh rakyat sangat lemah. Untuk itu yang perlu menjadi perhatian bagi parpol adalah pola rekruitmen caleg yang berkualitas dan memiliki kompetensi,” katanya.

Berdasarkan catatan Lembaga Survei Indonesia (LSI), jumlah pemilih golput dalam Pilgub Sumatera Utara sekitar 41% rakyat tidak ikut memilih. Dalam pilkada Jawa Barat di Jawa Barat hanya diikuti 65% rakyat. Hal ini berarti golput sebesar 35%.

Selanjutnya, pada pilgub DKI Jakarta,terdapat 39,2% masyarakat golput. Nilai ini setara dengan 2,25 juta orang pemilih. Untuk pilgub Jawa Tengah angka golput sangat tinggi, mendekati 50%. Sementara tempat lain juga angka golput cukup tinggi seperti Kalsel (40%), Sumbar (37 %), Jambi (34%), Banten (40%) dan Kepri (46 %). (mg16)

***Harian Sumeks

Satu Tanggapan to “Tren Golput Makin Meningkat”

  1. Info Kiat said

    Partai Politik sudah saatnya membuka peluang bagi calon independen untuk menjadi rivalnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: