infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

PLN Tawarkan PLTMH

Posted by infokito™ pada 31 Juli 2008

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero menawarkan kepada investor untuk mendirikan perusahaan listrik tenaga mikrohidro (PLTMH) sehingga mengurangi defisit listrik.

General Manager (GM) PT PLN Persero Wilayah Sumsel, Jambi, dan Bengkulu (WS2JB) M Sulastyo mengatakan, sebagai salah satu provinsi yang memiliki banyak sungai, Sumatera Selatan (Sumsel) memiliki potensi memiliki PLTMH. Selain harga pendirian yang lebih murah dibanding perusahaan listrik tenaga mesin gas (PLTMG), untuk mendapatkan sumber utamanya pun sangat mudah.

Untuk mendirikan PLTMH, kedalaman air yang dijadikan sumber utama hanya mencapai 3 meter, sedangkan kedalaman Sungai Musi melebihi angka 5 meter.

“Jadi, pada saat kemarau pun aliran listrik yang berasal dari kekuatan air tersebut tetap dapat beroperasi. Sumsel ini kaya sumber daya alam (SDA), mengapa tidak kita manfaatkan kepada para investor untuk mengelolanya,” kata Sulastyo.

Pihaknya bahkan telah menawarkan kepada beberapa investor untuk mendirikan PLTMH berskala kecil antara 2 x 6 MW. Namun, jika dilihat dari hasil sementara ini, masih sedikit investor swasta yang ingin menanamkan modalnya di bidang pengelolaan energi primer dan air. Hal ini, menurut dia, karena sulitnya proses perizinan yang dilakukan dinas terkait. Karena itu, para investor malas untuk menanamkan modalnya di Kota Palembang.

“Kalau para investor tertarik dengan PLTMH ini, mudah-mudahan Palembang sebagai kota internasional segera terwujud,” ucapnya. Saat ini, lanjut dia, Kota Palembang defisit daya listrik sebesar 250 MW akibat kerusakan beberapa pembangkit. Karena itu, pihaknya secara rutin melakukan pemadaman listrik untuk penghematan dan penetralan aliran listrik di beberapa daerah.

“Pemadaman akan terus kita lakukan hingga September mendatang, sampai pembangkit kita betul-betul beroperasi maksimal,” katanya.

Sementara itu, Wali Kota Palembang Eddy Santana Putra mengatakan, tawaran yang dilakukan PLN kepada para investor untuk membangun PLTMH merupakan salah satu alternatif dalam penanggulangan beban listrik.

Dia menegaskan, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang menyambut baik penawaran tersebut. Bahkan, Pemkot Palembang siap menjadi fasilitator bagi pihak ketiga. “Tentu akan kita pelajari dan survei dahulu, apakah benar-benar layak Palembang memiliki PLTMH karena sumbernya berasal dari air Sungai Musi,” katanya.

Selanjutnya, Eddy memastikan perizinan kemudahan yang diharapkan para investor segera dilakukan.Jadi ke depan, pendirian perusahaan tersebut dapat membantu pemerintah dan masyarakat. “Kita ingin semua proyek yang menyangkut hajat hidup orang banyak segera terealisasi tanpa hambatan, termasuk masalah perizinan. Pemkot Palembang konsisten terhadap program yang berpihak pada masyarakat,” tandasnya. (jemi astuti/SINDO)

3 Tanggapan to “PLN Tawarkan PLTMH”

  1. budi said

    Ya sebaiknya PLN membenah diri agar tidak terjadi pemutusan Listrik. Selain merugikan rakyat Indonesia para investor pun akan kabur karena ketiadaan sumber listrik di Negara kita.

  2. Khalisa said

    Salah satu kesulitan PLN adalah dalam pemenuhan pasokan bahan bakarnya seperti batubara dan gas. PLN sangat dengan kebijakan Pemerintah yang lebih mementingkan ekspor gas dan batubara ketimbang menyediakan untuk kebutuhan domestik.

  3. deny said

    hmhmhmhm….
    energi PLTMH biasanya bersumber dari kecepatan alir air akibat beda ketinggian…

    kalau sungai musi…. hmhmhm… gmn yah?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: