infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Bengkulu Bangun Taman Internasional

Posted by infokito™ pada 29 Juli 2008

Provinsi Bengkulu akan membangun pusat bermain di kawasan Pantai Paderi yang desainnya ala pusat bermain di Jeddah, Arab Saudi. Taman tersebut sekaligus diharapkan bisa menjadi daya tarik wisatawan mancanegara.

Demikian diutarakan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bengkulu Zulkarnain Muin di Bengkulu, Minggu (27/8). Sebelumnya, desain tempat bermain tersebut ada tiga, yakni meniru tempat bermain di Jeddah, Ancol, Jakarta, atau menciptakan desain sendiri. ”Dalam memilih desain tempat bermain itu, kita mempertimbangkan pendanaan,” katanya.

Menurut dia, jika akan dibangun seperti di Jeddah dibutuhkan dana sekitar Rp 10 miliar dan bila mirip Ancol sekitar Rp 5 miliar. Sedangkan kalau didesain sendiri dengan sederhana, biayanya Rp 500 juta.

Anggaran untuk pembangunan tempat bermain itu telah diajukan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2008. ”Kita lihat saja nanti, mana yang akan disetujui DPRD,” ujarnya.

Sementara itu, Pemerintah Provinsi Bengkulu juga sedang menyelesaikan pembangunan kawasan wisata internasional yang lokasinya mulai dari Pantai Panjang hingga Tapak Paderi dengan anggaran Rp 500 miliar hingga Rp 1 triliun.

Di kawasan Pantai Panjang sedang dibangun berbagai sarana pendukung seperti jogging track dengan anggaran senilai Rp 12 miliar dan sport center senilai Rp 25 miliar.

Sedangkan di Pantai Tapak Paderi telah dibangun pusat permainan, hanya belum lengkap, dan pusat jajanan sehingga saat ini menjadi salah satu obyek wisata paling ramai di daerah itu.

Sekitar 50 meter dari Pantai Tapak Paderi terdapat Benteng Marlborough peninggalan Inggris yang dibangun dalam dua tahap, yakni pada tahun 1713-1719 dan kemudian dilanjutkan oleh Gubernur Jenderal Thomas Raffles pada tahun 1818-1824.

Marlborough merupakan benteng terbesar kedua yang pernah dibangun Inggris setelah benteng di Madagaskar.

Air terjun

Pemprov Bengkulu juga akan mempromosikan air terjun Geluguran di Kabupaten Bengkulu Selatan sebagai salah satu dari 80 obyek wisata di Provinsi Bengkulu.

”Kami memiliki 80 obyek wisata dan salah satunya Air Terjun Geluguran yang ada di Bengkulu Selatan,” kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu Edi Nevian.

Air Terjun Geluguran terdiri dari tujuh tingkat sehingga sangat indah dan bagi wisatawan yang senang dengan panorama alam, lokasi itu harus dikunjungi.

Obyek wisata itu berlokasi di Desa Pino, yaitu di jalan lintas yang menghubungkan Kota Manna, ibu kota Kabupaten Bengkulu Selatan, dengan Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan.

Selain bisa menyaksikan air terjun, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan alam dari Taman Nasional Bukit Barisan Selatan. (ANTARA/BOY)

Satu Tanggapan to “Bengkulu Bangun Taman Internasional”

  1. cbee said

    pembangunan apapun untuk bengkulu terxcinta oke, tapi semua percuma kalau setelah dibangun dengan megah lalu ditinggalkan… yang paling penting adalah perawatan.. itu saja.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: