infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Perdagangan Harimau Sumatera Digagalkan

Posted by infokito™ pada 17 Juli 2008

Kepolisian Kota Besar Jambi dan Satuan Polisi Hutan Reaksi Cepat atau SPORC menggagalkan upaya perdagangan kulit dan tulang belulang harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae), Rabu (16/7). Pemiliknya adalah MI yang kini menjadi tersangka.

Kepala Satuan Reserse Kriminal Poltabes Jambi Komisaris Leo Simatupang mengemukakan, pihaknya mendapat informasi adanya perdagangan satwa liar yang membawa kulit dan tulang belulang harimau sumatera yang diawetkan dari kawasan hutan penyangga Taman Nasional Kerinci Seblat di Kecamatan Jangkat, Merangin, ke Kota Jambi.

Bersama tim SPORC, sekitar 15 aparat langsung menggerebek lokasi tempat penyimpanan satwa liar itu yang merupakan rumah tempat kos di Lorong Kerinci, Telanaipura, Kota Jambi, sekitar pukul 13.00.

”Dari tersangka, kami dapati dia baru membawa dan menyimpan satu lembar besar kulit harimau lengkap dengan tulang belulangnya. Kami perkirakan harimau ini belum lama menjadi korban ofset untuk diperdagangkan,” ujar Leo.

Hingga Rabu, belum diketahui ke mana kulit dan tulang harimau akan dijual.

MI, yang merupakan oknum aparat, kini ditahan dan semua barang bukti diamankan di Detasemen Polisi Militer Jambi. Kepala Denpom Jambi Mayor Nurdin yang dihubungi melalui telepon selulernya mengatakan, ia belum mengetahui ada oknum aparat yang terlibat dalam perdagangan ofset harimau sumatera. ”Saya masih berada di luar kota dan belum mengetahui informasi ini,” tutur Nurdin.

Harimau sumatera dinyatakan berstatus mendekati kepunahan (critically endangered) oleh World Conservation Union. Populasi dan habitat harimau sumatera diperkirakan kurang dari 400 ekor.

Pulau Sumatera merupakan pemasok utama dalam perdagangan harimau ke pasar internasional. Pada 1996, tim survei menemukan antara lain 100 kilogram tulang harimau asal Sumatera dikirim ke Korea Selatan. Pada 2005 ditemukan pula 140 kg tulang dan tengkorak harimau yang disita di Taiwan. (ITA)***Harian Kompas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: