infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Pungutan Retribusi Terminal Tanpa Karcis

Posted by infokito™ pada 9 Juli 2008

Tarif retribusi terminal yang di pungut dari para pemilik kendaraan bermuatan yang melintasi kawasan terminal Timbangan 32 Kecamatan Inderalaya Utara Kabupaten Ogan Ilir (OI) oleh Petugas Dinas Perhubungan (Dishub) Pemkab OI terkadang jarang menggunakan karcis retribusi yang telah diterbitkan oleh pemerintah setempat sebagai tanda bukti pembayaran.
Menurut informasi Komandan Regu ( Danru) petugas pemungut Retribusi terminal Dishub OI, Darmansyah menjelaskan bahwa para sopir yang melintasi terminal saat dipungut biaya retribusi terkadang menolak menerima karcis yang diberikan petugas dan para sopir tersebut terkadang ada juga yang tidak membayar biaya tarif retribusi sama sekali atau juga tidak sesuai dengan biaya yang sudah ditentukan dalam Perda OI No 13 tahun 2006 tentang tarif retribusi terminal.
” Petugas selalu memberikan karcis kepada para supir saat diminta biaya retribusi terminal, namun terkadang ada juga menolak menerima dan membuang karcis tadi, daripada karcis tersebut terbuang sia-sia sehingga para petugas disini tidak bisa memaksakan mereka harus mengambil karcis tadi karena mobil yang dikendarainya melaju sangat cepat saat melintasi terminal ini” ujar Darmansyah sambil menambahkan Pemkab OI setiap harinya menargetkan jumlah uang yang harus masuk ke kas daerah dari tarif retribusi yang dipungut yaitu, Rp 4,5 juta. Dan untuk rincian tarif resmi retribusi terminal yang dikenakan kepada kendaraan bermuatan antara lain, mobil Tronton Rp 8.000, Fuso Rp 5.000, Truk Rp 2.000, dan untuk Angkutan Umum Rp 1.000.

“Walaupun pungutan tersebut jarang menggunakan karcis uangnya akan tetap dicatat kedalam buku kas retribusi untuk disetorkan setiap harinya, sehingga dapat terpenuhi target retribusi yang sudah ditentukan pemerintah. Dan untuk jumlah karcis yang telah di drop ke Terminal ini setiap harinya berjumlah sekitar 700 lembar karcis yang berlaku hanya untuk sekali jalan saja” jelas Darmansyah.(ono/SRIPO)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: