infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Alokasi Dana Perbaikan Jalan Lintas Sumsel 500 Juta

Posted by infokito™ pada 29 Juni 2008

Anggaran Pembelanjaan Belanja Negara (APBN) 2008 untuk sector pembangunan dan pemeliharaan jalan yang dialokasikan bagi wilayah Sumatera adalah sebesar Rp2,21 Triliyun. Untuk jalan lintas Sumatera, khususnya Sumatera Selatan jumlah total jalan lintas yang harus diperbaiki atau sekedar mendapatkan pemeliharaan adalah seluas lebih kurang 400 Km untuk jalur lintas timur, dan sekitar 450 Km untuk jalur lintas tengah.

Hal ini seperti yang diungkapkan oleh kepala dinas Pekerjaan Umum Bina Marga, Ir Dharna Dachlan MM, ketika ditemui diruang kerjanya kemarin (27/6). Kepada kepala Sumatera Ekspres, Dharna mengatakan untuk wilayah Sumsel sendiri mendapatkan alokasi dana sebesar lebih kurang Rp500 juta. Dimana dari jumlah dana tersebut, akan dipergunakan untuk dana perbaikan dan pemeliharaan beberapa ruas jalan yang berada di lintas tengah dan lintas timur.

“Sumsel mendapatkan sekitar Rp500 juta dari 2,21 Triliyun alokasi dana yang dipersiapkan pemerintah pusat dalam APBN 2008 yang lalu. Hal ini sesuai dengan jumlah total keseluruhan jalan di Sumsel yang membutuhkan perbaikan dan pemeliharaan, yaitu sekitar lebih kurang 900 Km,” ungkapnya.

Adapun ruas jalan Sumsel yang sedang dalam proses perbaikan adalah meliputi daerah jalan antara Lahat- Tebing Tinggi, Inderalaya-Prabumulih, dan Baturaja-Martapura. Sedangkan kondisi jalan yang lain di sumsel, saat ini sedang memasuki tahap pemeliharaan.

“Untuk tahun 2008, ruas jalan yang harus diperbaiki tidak terlalu banyak. Hanya ada dibeberapa ruas jalan saja, seperti di daerah jalan lintas tengah dan lintas timur Sumsel, untuk itu dana yang dealokasikan tidak begitu besar,” papar Dharna.

Dharna juga menambahkan besaran dana yang dialokasikan untuk perbaikan rusa jalandi sumsel, yang meliputi lintas tengah dan timur Sumsel. Untuk jalur lintas tengah Sumsel, menghabiskan dana perbaikan sekitar sebesar Rp250 jutaan, dan untuk jalur lintas timur Sumsel, menghabiskan dana sebesar Rp300 jutaan.

“Besaran masing-masing dana yang diperlukan bagi perbaikan ruas jalan di Sumsel, meliputi jalur lintas tengah adalah sebesar Rp250 juta, dan untuk jalur lintas timur Sumsel adalah sebesar Rp300 juta,” tambah Dharna.

Untuk kedepan, ruas jalan yang ada diwilayah sumsel memang sudah selayaknya memasuki tahapan pemeriksaan dan pemeliharaan, dan nantinya akan segera diajukan usulan kepusat tentang besaran anggaran yang diperlukan. Nantinya pihak pemerintah pusat akan segera membicarakan, dan mengeluarkan besaran alokasi dana untuk perbaikan dan pemeliharaan ruas jalan yang ada kedalam APBN 2009 mendatang.

“Ruas jalan yang ada di Sumsel rata-rata sudah mulai memasuki usia yang tua, dan memerlukan perbaikan pemeliharaan secara intensif kedepannya. Kita akan mengusulkannya ke pusat, baru nanti pihak pusat yang akan menentukan besaran dana alokasi untuk perbaikan jalan di Sumsel kedalam APBN 2009 mendatang,” tukas Dharna. (mg25/sumeks)

Satu Tanggapan to “Alokasi Dana Perbaikan Jalan Lintas Sumsel 500 Juta”

  1. Tolong untuk dinas terkait harus diperhatikan dan dipikirkan serta segera direalisasikan jangan hanya di wacanakan,memang jalan lintas sumatera mulai dari martapura sampai palembang harus segera diperbaiki dan dilebarkan karena sering terjadi kecelakaan yang menyebabkan meninggal dunia.seringnya dan banyaknya kecelakaan dijalan lintas sumatera harus segera dihentikan dan diminimalisir karena bagaimanapun juga pemerintah pusat dan pemprov sumsel harus bertanggung jawab atas kejadian-kejadian itu sebab merekalah yang mempunyai otoritas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: