infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Makam Kesultanan Palembang Direhab

Posted by infokito™ pada 21 Juni 2008

Dinas Kebersihan dan Pemakaman (DKP) Kota Palembang mulai merehabilitasi Tempat Pemakaman Kesultanan Palembang.

“Empat lokasi makam kesultanan telah direhabilitasi pada 2007 lalu. Yakni, makam di kawasan Kawah Tengkurap, Sabo Kingking, Candi Welan, dan makam di Ariodillah,” ujar Kepala Seksi Tempat Pemakaman Khusus (TPK) Dinas DKP Kota Palembang Suharni, di ruang kerjanya, Kamis (19/6).

Suharni menjelaskan, pihaknya juga menyediakan pegawai harian lepas (PHL) di setiap makam untuk menjaga kebersihan dan kerapian makam tersebut. “Setiap kawasan makam ditempatkan satu orang tenaga PHL. Selain itu, makam-makam itu juga dijaga pihak keluarga keturunan (zuriat) kesultanan,” kata dia.

Selain itu, pihaknya juga menyediakan peralatan kebersihan bagi petugas PHL tersebut. Namun, jika ada kesulitan di lapangan terkait pembersihan makam kesultanan itu, petugas langsung koordinasi ke Dinas DKP.

Ketika ditanya jumlah anggaran rehabilitasi makam kesultanan pada 2007 lalu, Suharni menjelaskan, itu memang ada pos anggarannya, tetapi besarannya tidak tahu persis. Namun yang pasti, pihaknya tetap mengajukan anggaran rehabilitasi makammakam kesultanan tersebut.

Dia menambahkan, kondisi makam-makam kesultanan Palembang saat ini mayoritas 95% penuh. Pihaknya tidak miliki wewenang mengenai siapa saja orang-orang yang boleh dimakamkan di tempat tersebut. Sebab, para zuriatlah yang mengetahui secara jelas, siapa yang berhak dimakamkan di tempat tersebut.

Sementara itu, Ketua Komisi III DPRD Kota Palembang Ilyas Hasbullah mengatakan, untuk dana rehabilitasi makam-makam kesultanan Palembang telah ada pos anggarannya.

“Saya lupa besarannya, tetapi hampir mencapai Rp500 juta. Sejauh ini sudah banyak makam-makam kesultanan yang direhabilitasi Dinas DKP, baik di tengah kota, maupun di pinggiran kota,” tuturnya.

Ilyas menjelaskan, rehabilitasi makam-makam itu bertujuan melestarikan peninggalan sejarah. Apalagi makam itu termasuk cagar budaya yang harus dilindungi. Sementara itu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Himpunan Zuriat Keturunan Kesultanan Palembang Haidar Alwi mengatakan, rehabilitasi makam-makam kesultanan yang dilakukan selama ini berkat dana pribadi kumpulan zuriat. (hengky chandra agoes/SINDO)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: