infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

1.397 Siswa SMP di Sumsel Tidak Lulus UN

Posted by infokito™ pada 21 Juni 2008

Pelaksanaan ujian nasional (UN) SMP sederajat di Sumsel berjalan cukup baik. Tingkat kelulusan tercatat sekitar 98,50% dari total 99.146 siswa. Kepala Dinas Pendidikan (Diknas) Provinsi Sumsel Dwi Priyono melalui Kepala Seksi (Kasi) Data dan Informasi Tim KomputerisasiUN/USBNIrianto mengatakan, berdasarkan pemberitahuan, pengumuman hasil UN SMP sederajat dilaksanakan hari Jumat (21/6). Seperti pada UN SMA sederajat, pelaksanaan pengumuman hasil UN SMP juga dilaksanakan di tiap-tiap sekolah.

”Ya, Sabtu besok kita umumkan secara serentak di seluruh Sumsel. Pengumuman dilakukan pihak sekolah yang bersangkutan,” ujarnya di Kantor Diknas Provinsi Sumsel.

Menurut Irianto, hasil pengumuman UN SMP tahun ini cukup bagus, walaupun dengan standar pelaksanaan yang cukup ketat. Dari data yang disampaikan, tingkat kegagalan UN SMP di Sumsel hanya sebesar 1,409% atau 1.397 siswa.

Secara rinci disebutkan, untuk SMP negeri dan swasta dengan jumlah peserta 83.829, ternyata sebanyak 1.087 siswa dinyatakan tidak lulus, sedangkan Madrasah Tsanawiyah (MTs) dengan peserta 13.690, sebanyak 249 siswa dinyatakan tidak lulus. Sementara, siswa SMP terbuka yang tidak lulus sebanyak 61 orang dari peserta sebanyak 1.627 orang.

”Secara persentase, memang tingkat kelulusan masih sama dengan tahun lalu. Tetapi dari sisi jumlah mata pelajaran, yang lebih banyak setelah ditambah mata pelajaran IPA, maka kelulusan ada peningkatan,” ujar Irianto.

Seperti diketahui, UN SMP pada 2008 sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya. Di mana jumlah mata pelajaran yang diujikan sebanyak empat mata pelajaran. Yakni Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan mata pelajaran tambahan IPA. Selain itu, terdapat sebanyak 50 siswa yang mampu meraih nilai 10 untuk pelajaran Matematika, dan 40 siswa meraih nilai 10 untuk pelajaran Bahasa Inggris. Pada kesempatan tersebut juga dijelaskan, kepada siswa yang tidak lulus masih diberikan akses pendidikan paket B.

Ujian kesetaraan tersebut direncanakan digelar pada awal Juli mendatang.Untuk itu,kepada pihak sekolah diimbau untuk segera mendaftarkan siswanya yang tidak lulus ke paket. Sebab, ijazah paket B juga berlaku seperti ijazah SMP pada umumnya. ”Harapan kita, siswa yang gagal tidak putus asa dan pihak sekolah diimbau segera mendaftar (paket B),” tuturnya.

Sementaraitu, khusus kelulusan SD akan ditentukan kemudian oleh pihak sekolah masing-masing melalui rapat dewan kelulusan sekolah. Untuk itu, baik Diknas Provinsi maupun kabupaten/kota tidak dapat menentukan dan mengetahui kelulusan siswa SD. Selain itu, pengumuman kelulusan SD juga baru akan dilakukan pada waktu yang ditentukan kemudian.

Namun, semua data hasil UN SD telah didistribusikan kepada Diknas kabupaten/kota untuk kemudian didistribusikan ke pihak sekolah masingmasing. ”Yang menentukan kelulusan SD itu berdasarkan rapat di sekolah,dan tidak ada intervensi dari Diknas,” ujar Kasi Data dan Informasi Tim Komputerisasi UN/USBN, Irianto di kantor Diknas Provinsi Sumsel.

Berdasarkan data, jumlah siswa SD yang mengikuti UN sebanyak 135.925 siswa dari 4.840 SD sederajat di Sumsel. Dari tiga pelajaran yang di ujikan, siswa SD di Sumsel mampu meraih nilai rata-rata 6,72 untuk Bahasa Indonesia; 5,68 untuk Bahasa Inggris; dan 6,31 untuk IPA. (berli zulkanedi/SINDO)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: