infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Pegadilan Agama Kayuagung akan Gelar Sidang Keliling

Posted by infokito™ pada 20 Juni 2008

Pengadilan Agama (PA) Kayuagung dalam waktu dekat akan melakukan sidang keliling. Kegiatan ini bertujuan mengatasi serta mengurusi masyarakat terkait masalah dalam sengketa perkawinan, khususnya sengketa dalam rumah tangga.

“Mudah-mudahan dalam waktu dekat kita sudah memulai sidang keliling untuk mengatasi masalah sengketa perkawinan,” kata Ketua PA Kayuagung H Johan Arifin dalam acara penyuluhan hukum PA di Balai Desa Surya Adi, Kecamatan Mesuji, Kabupaten OKI, Rabu (18/6).

Menurut dia, alasan pihaknya melakukan sidang keliling tersebut, karena Kabupaten OKI memiliki wilayah yang sangat luas dan disinyalir ada masyarakat yang bersengketa dalam perkawinannya. Dia mengharapkan, dengan adanya sidang keliling ini dapat memberi kemudahan bagi warga yang hendak mencari keadilan, khususnya keadilan dalam rumah tangga.

Acara penyuluhan hukum yang meliputi hukum keluarga perkawinan, warisan, hibah, kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), tersebut merupakan wujud awal pelaksanaan sidang keliling terutama di desa-desa yang lokasinya sangat jauh dari Kantor Pengadilan Agama.

“Saat ini sering ditemukan pelanggaran hukum, khususnya di daerah Mesuji. Kita memilih kecamatan ini sebagai tempat penyuluhan karena dinilai sangat padat penduduknya dan jaraknya relatif jauh dari pusat kota,” katanya dalam acara penyuluhan yang diikuti para kades, pengurus BPD,dan pengurus P3N se-Kecamatan Mesuji.

Sementara itu, Bupati OKI H Ishak Mekki yang membuka langsung penyuluhan tersebut menyatakan, saat ini masih banyak masyarakat di Kabupaten OKI yang belum mengerti dan memahami pengetahuan dan kesadaran hukum.

Untuk itu, dengan adanya penyuluhan hukum ini dapat mengatasi perkara yang terjadi di rumah tangga. “Para kades, P3N, dan BPD, hendaknya dapat memahami acara penyuluhan hukum ini dengan baik,” kata Ishak. (darfian mj suprana/SINDO)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: