infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

BPN Kota Palembang Luncurkan Program SMS

Posted by infokito™ pada 17 Juni 2008

 

Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Palembang pada 2008 ini kembali melakukan program Sertifikat Massal Swadaya (SMS) yang diperuntukkan bagi 1.500 bidang tanah di Kota Palembang. Menurut Kepala Seksi (Kasi) Pengaturan dan Penataan Pertanahan BPN Kota Palembang Ki Agus Muhammad, SMS merupakan program pemberian sertifikat murah dengan cara kolektif dalam satu lokasi tertentu.
”Syaratnya, satu lokasi minimal ada 15 bidang tanah yang akan disertifikatkan dan jaraknya tidak berjauhan,” ujarnya.
Muhammad mengatakan, keistimewaan program ini pada biaya pembuatan sertifikat yang ringan dibandingkan dengan rutin. 
”Biaya pengukuran dapat dipikul bersama, ditambah uang pemasukan kepada negara dan biaya Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB),” katanya. Menurut Muhammad, besaran biaya sertifikat akan disesuaikan luas tanah berdasarkan PP 46/2002 tentang Tarif Atas Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku di BPN.
Pengajuan dilakukan secara kolektif ke BPN yang diketahui RT dan lurah setempat, dengan melampirkan KTP, surat tanah berikut turunannya, PBB, dan KK. 
Kepala BPN Kota Palembang HM Hikmad membenarkan bahwa pihaknya menargetkan 1.500 bidang tanah yang dapat disertifikatkan melalui program SMS pada 2008, meningkat dari 2007 yang tercatat 1000 bidang.
”Program ini ditujukan agar masyarakat suatu daerah terpacu membuat sertifikat,” ujarnya. 
Menyinggung soal besaran biaya, menurut Hikmad, itu relatif tergantung luas tanah sesuai PP 46/2002. Namun, dia menjamin biaya program SMS akan lebih murah daripada pembuatan sertifikat rutin. Dia mencontohkan, bila besaran biaya pembuatan sertifikat dengan program rutin pada luas 300 M2 sebesar Rp1,5–2 juta, dengan program SMS,biaya dapat ditekan hingga Rp1 juta. Namun untuk tepatnya, harus dihitung kembali sesuai aturan yang ada. (muhlis)***SINDO

 

9 Tanggapan to “BPN Kota Palembang Luncurkan Program SMS”

  1. dikky said

    pak, bagaimana kalo surat tersebut ada di bank sebagai jaminan, bisa enggak pake yang fotocopy dari pihak bank, misalnya sph dan gs-nya serta perjanjian jual beli semua fotocopy yang dilegalisir oleh bank. tolong yaaaaaa pak!!!!! makasih sebelumnya.

    balas disini aja yaaa!!!
    santri.com@inMail24.com

  2. ervan ario said

    maf mw nanya kl tes STPN d plembang masuk jam berapa ya?

  3. ervan ario said

    maf mw nanya. kl tes STPN d plembang masuk jam brapa ya?

  4. agam said

    Ass Wr,Wb
    Tolong Pak beritahu Informasi Denah Tanah daerah Panca Usaha(Kec.Seberang Ulu I)yang termasuk sudah terima ganti rugi dari Pemerintah Provinsi SUMSEL(REKLAMASI)
    balas disini saja ya Pak………..

  5. azhari said

    yth. kepala bpn kota palembang. kami mau bertanya tenteng biaya pemecahan sertifikat tanah. selain biaya sebesar Rp.530.000 apakah masih ada biaya lain untuk pemecahan sertifikat? apakah memang ada pembiayaan yang lain non kuitansi. trimakasih

  6. ahmad riko said

    assalamualaaikum wr.wb.
    yth bapak wali kota palembang/Kepala bpn kota palembang. tahun 1998 adalah ambang pintu menuju era refor masi disegala bidang, termasuk didalamnya refonasi birokrasi, tapi banyak keraguan dihati kami selaku warga atas tingkah pelayanan publik yang dilakukan oleh BPN KOTA palembang, birokrasi yang “UUD”UJUNG-UJUNGNYA DUIT, Yyang melayani publik setengah hati, mengulur waktu, inikah yang dinamakan pemerintahan yang good gavernunt. kami bangga kepada bkepemimpinan bapak wako edi santana, tapi kami banyak kecewah dengan pelayanan publik khususnya di bpn kota palembang,tolong pak……….. turunkan tim khusus. pantau pungli yang ada di saNA. TTINDAK TEGAS OKNUM YANG MENYIMPANG, BUATLAH KAMI TETAP BANGGA KEPADA BAPAK WAKO EDI SANTANA.

    • rendidoang said

      benar pak,banyak niaan pungli dan preman mata duitan dak jelas! good government kota palembang itu cuma pencitraan, yg penting itu realita di masyarakat!! sebagai masyrakat atau warga palembang yg saya dapatkan dan rasakan tinggal disni gak ada itu good government,itu hanya akal2an alias bohong2an untuk pencitraan semua pejabat publik!!!!

  7. Delta said

    BPN palembang memang perlu ditindak masak saya ngurus larasita dengan syarat lengkap sudah satu tahun belum beres, apa perlu buat surat ke presiden kalau di BPN palembang banyak yang engk beres…. Pak Walikota yang kami sayangin tolong pak tegur oknum disana biar kerjanya bagus dan jangan mikirin kita dapat apa saja.

  8. saya ngurus prona 2013 sampe sekarang belum keluar sertepikatnya, mau ngurus jalur biasa diminta 14 juta, gimana pak ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: