infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Dirgahayu Kota Palembang ke-1325

Posted by infokito™ pada 16 Juni 2008

Kota Palembang merupakan salah kota tertua di Indonesia, hal ini didasarkan pada prasasti Kedukan Bukit (berangka tahun 683 M) yang ditemukan di Bukit Siguntang, sebelah barat Kota Palembang. Prasasti tersebut menyatakan tentang pembentukan sebuah wanua yang ditafsirkan sebagai kota, yang merupakan ibukota Kerajaan Sriwijaya kala itu, pada tanggal 16 Juni 683 Masehi (tanggal 5 bulan Ashada tahun 605 syaka). Maka tanggal tersebut dijadikan sebagai patokan hari lahir Kota Palembang.

Berbicara mengenai asal usul kota Palembang, memang tidak bisa dilepaskan dari sejarah perkembangan kerajaan Sriwijaya, yang pernah menjadikan kota Palembang sebagai ibukotanya. Palembang juga penah tercatat sebagai ibukota Kesultanan Palembang Darussalam yang diproklamirkan oleh Pangeran Ratu Kimas Hindi Sri Susuhanan Abdurrahman Candiwalang Khalifatul Mukminin Sayidul Iman (atau lebih dikenal Kimas Hindi/Kimas Cinde) sebagai sultan pertama (1643-1651), terlepas dari pengaruh kerajaan Mataram (Jawa).

Tanggal 7 Oktober 1823, Kesultanan Palembang Darussalam resmi dihapuskan oleh penjajah Belanda dan dijadikan sebuah Komisariat di bawah Pemerintahan Hindia Belanda (kontrak terhitung 18 Agustus 1823), dengan Commisaris Sevenhoven sebagai pejabat Pemerintah Belanda pertama. Kemudian kota Palembang dijadikan Gameente/haminte berdasarkan stbld. No. 126 tahun 1906 tanggal 1 April 1906 hingga masuknya Jepang tanggal 16 Februari 1942. Kota Palembang secara resmi ditetapkan sebagai Kotamadya Daerah Tingkat II berdasarkan Undang-Undang No. 5 Tahun 1974 tanggal 23 Juli 1974 tentang Pokok-Pokok Pemerintahan di Daerah.

Perayaan Hari Jadi Kota Palembang ke-1325 dan merupakan acara peringatan ke-37 rencananya akan dipusatkan di Kantor Wali Kota Palembang, Selasa (17/6) besok. Menurut rencana, acara peringatan besok akan dihadiri seluruh pejabat muspida di lingkungan Pemkot Palembang.

Dirgahayu Kota Palembang ke-1325, 16 Juni 2008. Kota budaya yang menyimpan sejarah kebesaran Kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Palembang Darussalam.***[infokito.net]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: