infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

TPM Gugat Sejumlah Tokoh

Posted by infokito™ pada 12 Juni 2008

Gugat Buyung

Munarman (39) melalui kuasa hukumnya TPM atau Tim Pembela Munarman, hari ini (Kamis, 12/6) menggugat sejumlah tokoh ke Polda Metro. Di antaranya, Ketua Dewan Pembina YLBHI Adnan Buyung Nasution, tokoh pers Gunawan Mohammad, mantan anggota Komnas HAM Asmara Nababan, dan Ketua YLBHI Patra Zein, serta Direktur LBH Jakarta Asvinawati.

“Sementara, nama-nama ini dulu (yang akan dilaporkan),” kata salah satu pengacara TPM, Syamsul Bahri Radjam kepada Sripo, tadi malam.

Dikatakan, nama-nama tersebut dinilai mencemarkan nama baik yang menilai Munarman mencekik salah satu massa AKKBB atau Aliansi Kebangsaan dan Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan.

Tuduhan Munarman mencekik sesorang itu, menurut Syamsul, disampaikan di The Wahid Institute 1 Juni 2008. Beberapa saat setelah insiden Monas ketika massa FPI menyerang dan melukai sejumlah massa AKKBB.

TPM juga akan menggugat sejumlah media yang memuat foto yang disebut pencekikan itu, padahal menurut Munarman, justru dia mencegah agar massanya tidak melakukan kekerasan. Orang yang terlihat di foto itu Ucok Nasrullah, massa FPI bukan massa AKKBB.

Hingga kemarin, menurut Ardiansyah pengacara di Kantor Hukum Munarman-Doak, hampir mencapai 100 pengacara yang menyampaikan simpati dan menyatakan siap bergabung dengan TPM.

“Tim ini kemungkinan akan dipecah untuk berbagi tugas. Ada yang fokus mendampingi Munarman, dan tim lainnya akan menggugat sejumlah pihak,” ujar Direktur LBH Palembang, Ety Gustina.

Menurut Ety, pihak Polda Metro Jaya telah mengembalikan 41 jenis barang yang disita dari rumah Munarman. Penyerahan itu diterima dan dikembalikan karena tidak ada sangkutannya dengan tuduhan terhadap mantan Ketua YLBHI Munarman.

Isu Diisolasi
Kemarin sempat beredar isu, Munarman diisolasi dan tidak boleh menerima tamu di Ruang Tahanan Narkoba. Namun, berita ini segera dibantah oleh Syamsul. Dikatakan, semula memang ada kekhawatiran penjaga Rutan karena banyaknya tamu yang bertemu dengan Munarman dan Ketua FPI Habib Rizieq Shihab.

“Hanya kesalahan komunikasi saja, pengunjung tetap bisa bertemu dengan Munarman,” katanya.
Terhadap adanya keluhan air bersih di dalam tahanan, menurut Syamsul, memang menjadi keluhan tentang air bersih untuk keperluan beribadah. Masalah ini, sudah disampaikan dan sesuai permintaan staf Munarman mengirimkan kain sarung dan perangkat alat salat lainnya.

Di bagian lain, kemarin Habib Rizieq untuk diperiksa lagi sehingga penyidikan lanjutan macet. “Ya iya (macet). Habib kan udah menolak untuk diperiksa lagi. Habib juga sudah mencabut pernyataannya dalam BAP,” ujar kuasa hukum Habib Rizieq, Ari Yusuf Amir, seperti dikutip detikcom.

Penolakan pemeriksaan lanjutan itu ditolak Habib karena polisi bertindak tidak adil dalam melakukan penyidikan. Polisi tidak pernah memeriksa pihak AKKBB.

“Habib bukan aktor intelektual. Tapi polisi tetap menggunakan pasal 351 KUHP. Ini dipaksakan,” ujarnya. Polisi harus memulai penyidikan dari awal lagi. BAP yang sudah disusun itu ditolak dan dicabut oleh Habib Rizieq.

Ahmad Al-Habsyi Bangga
Sementara itu, kemarin Ustad Ahmad Abubakar Al Habsyi membesuk Munarman. Dai asal Palembang itu mengaku bangga atas sikap Munarman.

“Ustad Al Habsyi menyatakan bangga atas sikap Munarman, apalagi Munarman berasal dari Palembang,” kata pengacara Tim Pembela Munarman, ketika dihubungi tadi malam.

Nama Abubakar Al Habsyi sebenarnya nama orangtuanya. Sementara nama dai kondang itu adalah Ahmad. Ia mengawali kiprah sebagai pendakwah sejak kelas-3 SMP.

Ia pun dikenal dan berdakwah keliling ke negara-negara tetangga seperti Malaysia serta Singapura, demikian dikutip dari sebuah blog beralamat di blog.its.ac.id/syafii/2008/05/21/profil-ustad-ahmad-al-habsyi.

Ia sering tampil di televisi terutama pada bulan Ramadhan. Ketampanan wajah dengan senyum yang khas itu membuatnya cepat terkenal. Ia pun sering tampil bersama Ustadz Jefri Al Buchori.

Abubakar AL Habsy sempat berbincang santai dengan Munarman.  “Pak Munarman tidak lupa menyampaikan terima kasih atas kunjungan ustad kemarin. Pak Munarman juga bangga dan berterima kasih atas dukungan moral kalangan tokoh agama dan seluruh masyarakat di Palembang,” kata Syamsul.
(Persda Network/ugi/tris)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: